facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daftar Makanan yang Bantu Mengatasi Depresi, Apa Saja?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi Senin, 07 Desember 2020 | 08:40 WIB

Daftar Makanan yang Bantu Mengatasi Depresi, Apa Saja?
Ilustrasi makan buah, makanan yang dapat mengatasi depresi. (Shutterstock)

Pastikan Anda memasukkan daftar makanan ini ke dalam menu sehari-hari.

SuaraJatim.id - Depresi sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan mental seseorang di masa pandemi ini. Dan biasanya, depresi diatasi dengan terapi atau pengobatan dari psikiater. Tapi, kesehatan orang yang mengalami depresi juga bisa sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Dan tahukah Anda, beberapa jenis makanan ternyata dapat membantu mengatasi depresi.

"Mengonsumsi makanan yang tepat bisa memenuhi apa yang dibutuhkan otak untuk mencegah depresi, bahkan bisa mengobatinya," ujar Lisa Mosconi, PhD, direktor of the Women's Brain Initiative, Weil Cornell Medical College, seperti dilansir dari Insider.

Jadi buat Anda yang sedang depresi atau ingin mencegahnya, berikut makanan yang sebaiknya Anda konsumsi.

1. Ikan kecil dari laut dalam
Di antaranya adalah salmon, makarel, sarden, dan herring. Semua jenis ikan ini tinggi lemak omega 3. Jenis lemak ini terbukti bisa mengurangi keparahan dari depresi dan ampuh mengurangi peradangan.

Baca Juga: Makanan Berwarna Gelap Ini Bisa Diandalkan untuk Jaga Kesehatan

2. Cokelat
Baik cokelat ataupun yang masih berbentuk buah kakao, memiliki kandungan senyawa flavanol dan prosianidin yang bisa mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

3. Makanan probiotik
Para peneliti menemukan makanan tinggi probiotik atau bakteri baik seperti yogurt bisa membantu keseimbangan bakteri di usus. Keseimbangan bakteri ini bisa menghasilkan reaksi tubuh yang bisa mengatur suasana hati, di antaranya seperti serotonin dan asam gamma aminobutyruc atau GABA.

4. Buah dan sayuran
Mengonsumsi buah dan sayur adalah salah satu cara paling ampuh melawan peradangan, berkat kandungan antioksidan yang tinggi, yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Beberapa buah dan sayur yang kaya antioksidan di antaranya adalah kenari, buah beri, delima, cokelat hitam, kopi, teh hijau, dan herbal mint atau oregano.

Baca Juga: Jadi Bumerang, Hati-Hati Nasi Sisa yang Dipanaskan Ulang Bikin Keracunan!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait