facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Cuma di Ruang Publik, Ahli Sarankan Tetap Pakai Masker Dalam Rumah

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Rabu, 30 Desember 2020 | 07:00 WIB

Tak Cuma di Ruang Publik, Ahli Sarankan Tetap Pakai Masker Dalam Rumah
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Pemakaian masker di dalam rumah bersama keluarga juga sama pentingnya untuk mencegah penyebaran virus corona.

SuaraJatim.id - Kepatuhan pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak terbukti bisa membantu mengurangi risiko infeksi virus corona Covid-19 hampir 50 persen. Tetapi, perlukah memakai masker ketika berada di satu ruangan bersama keluarga atau saudara?

Selama pandemi virus corona Covid-19, semua orang pasti memahami fungsi penggunaan masker dalam mencegah penularan dan melindungi diri.

Ternyata, dilansir dari Times of India, pemakaian masker di dalam rumah bersama keluarga juga sama pentingnya untuk mencegah penyebaran virus corona. Meskipun banyak orang mungkin berpikir itu langkah yang berlebihan.

Menurut ahli, Anda hanya aman di sekitar orang-orang yang tinggal bersama di rumah yang sama atau satu atap. Sementara itu, Anda harus selalu menggunakan masker di mana pun, termasuk ketika mengunjungi keluarga yang tidak tinggal satu rumah.

Baca Juga: Akibat Terinfeksi Virus Corona, Wanita ini Mencium Bau Anyir

Ilustrasi masker (Unsplash)
Ilustrasi masker (Unsplash)

Karena, Anda belum bisa memastikan tentang kondisi kerabat atau keluarga Anda yang tinggal di lain tempat telah melakukan langkah pencegahan virus corona dengan tepat atau belum.

Selain itu, Anda juga tidak bisa memastikan mereka telah mengambil langkah kebersihan yang tepat atau belum. Sehingga, lebih baik untuk selalu memakai masker setiap kali bertemua dengan orang yang tidak tinggal satu rumah.

Anda juga bisa meminta mereka untuk melakukan langkah yang sama ketika bertemu, yakni memakai masker.

Jika seseorang di rumah Anda terinfeksi virus corona, tetap penting untuk selalu memakai masker. Karena, Anda harus tetap berhati-hati meskipun Anda tidak berbagi ruang yang sama di rumah.

Risiko infeksi virus corona juga tinggi di ruang tertutup, terutama jika ventilasi di rumah buruk. Virus bisa bertahan di udara selama berjam-jam yang membantu meningkatkan risiko penularan.

Baca Juga: Pakai Masker Tanpa Jaga Jarak, Bisakah Cegah Virus Corona?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait