alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Permintaan Gubernur Jatim, Ridwan Kamil Desain Islamic Center Surabaya

RR Ukirsari Manggalani Selasa, 20 April 2021 | 06:46 WIB

Permintaan Gubernur Jatim, Ridwan Kamil Desain Islamic Center Surabaya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan) saat menerima kunjungan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) di Kantor Gubernur Jabar di Bandung, Senin (19/4/2021) malam [ANTARA/Fiqih Arfani].

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi arsitek.

SuaraJatim.id - Masih ingat desain garapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk ibu kota baru Republik Indonesia di Kalimantan? Reputasi Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bisa disimak kelak di Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Dikutip dari kantor berita Antara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadi arsitek dari pembangunan masjid di Islamic Center Surabaya.

"Islamic Center akan direvitalisasi, dan yang memiliki keahlian menjadi arsitek masjidnya adalah Gubernur Jabar," ujar Khofifah usai bertemu Ridwan Kamil di Kantor Gubernur Jabar di Bandung, Senin (19/4/2021) malam.

Selain bersilaturahmi, keduanya juga melakukan pertemuan dengan Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Barat di salah satu ruangan Gedung Sate.

Baca Juga: Bertandang ke IIMS Hybrid 2021, Ada Satgas Pencegahan Covid-19

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa masjid yang selama ini berdiri dianggap kurang memadai sehingga perlu melakukan revitalisasi Islamic Center.

"Dua minggu lalu kami membahas dengan tim Islamic Center. Saya melihat masjidnya ukurannya seperti musala namun memiliki halaman sangat luas. Maka, kami putuskan mendirikan masjid di halaman depan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan bahwa pembangunan masjid dengan arsitektur yang baik diharapkan bisa menjadikan referensi kegiatan umat Islam lebih representatif.

"Saya pernah ke Padang, dan sayasangat menikmati Masjid Jami di Padang. Dan masjid di Makassar juga beberapa kali ke sana. Kami tentu berharap ada sentuhan dari skill beliau untuk arsitektur masjid di Islamic Center Surabaya. Mudah-mudahan ini dapat disegerakan dari kesibukan beliau," ungkap Khofifiah Indar Parawansa atas kesediaan Ridwan Kamil.

Di pihak lain, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan kesanggupannya untuk merancang arsitektur masjid Islamic Center, bahkan akan membuat desain terbaik.

Baca Juga: Ramadhan, Pemprov Jatim Berikan Potongan Pajak Kendaraan Bermotor

"Insya Allah, di Jatim akan kami desainkan yang paling keren di Indonesia," pungkas Kang Emil.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait