alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lagi Puasa Ingin Berkumur dan Gosok Gigi, Boleh Kah? Ini Penjelasannya

Muhammad Taufiq Rabu, 21 April 2021 | 14:02 WIB

Lagi Puasa Ingin Berkumur dan Gosok Gigi, Boleh Kah? Ini Penjelasannya
Habib Husein Ja'far Al-Hadar [Tangkapan layar Youtube]

Namanya juga puasa, pasti ada kalanya mulut rasanya enngak enak banget. Ada kalanya ingin berkumur dan menggosok gigi.

SuaraJatim.id - Namanya juga puasa, pasti ada kalanya mulut rasanya enngak enak banget. Ada kalanya ingin berkumur dan menggosok gigi.

Pertanyaannya, bolehkan berkumur dan menggosok gigi saat sedang berpuasa? Habib Husein Ja'far Al-Hadar atau Habib Ja'far memberi penjelasan seperti ini.

Hukum gosok gigi saat menjalani puasa Ramadan, kata dia, tidak dilarang. Namun hal itu masuk dalam kategori sesuatu yang makruh menurut sebagian ulama.

Sebaiknya, lanjut kandidat Magister Tafsir Qur’an di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut, jika mau menggosok gigi lakukanlah sebelum azan subuh saja.

Hal itu untuk mengantisipasi adanya sesuatu yang masuk dalam tenggorokan. Jika itu terjadi, tentu akan membatalkan puasa.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung THR Lebaran untuk Pekerja atau Buruh Perusahaan

"Gosok gigi menurut sebagian ulama itu makruh. Kalau pun mau dilakukan, itu sebelum subuh, bukan (waktu) Asar-Asar. Karena diantara puasa itu menahan mulut agar tetap bersih dari segala sesuatu," katanya seperti dikutip dari TIMESindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Rabu (21/4/2021).

Laki-laki asal Bondowoso, Jawa Timur, tersebut juga mengatakan kalau membersihkan gigi itu baik dan Sunnah. Tapi jangan sampai dibenturkan saat menjalani puasa Ramadhan.

"Nanti setelah puasa, atau sebelum. Memang dibolehkan, tapi itu masuk hal-hal yang dimakruhkan. Kecuali odolnya ditelan (itu jelas batal puasanya)," katanya lagi, sembari tertawa.

Selain itu, lanjut Habib Ja'far, saat puasa Ramadhan ketika mengambil wudhu juga harus hati-hati. Contohnya saja berkumur-kumur secara berlebihan itu dilarang.

"Kalau kumur-kumur dalam wudhu itu (juga) kalau berlebihan, tidak boleh, makruhnya tuh. Kalau ketelen sudah pasti batal," ujar Habib Ja'far.

Baca Juga: Cara Nabi Muhammad SAW Menyampaikan Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait