alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akun Palsu Bupati Gresik Makan Korban Lagi, Ini Kasus Kedua Dialami Warga

Muhammad Taufiq Rabu, 05 Mei 2021 | 22:15 WIB

Akun Palsu Bupati Gresik Makan Korban Lagi, Ini Kasus Kedua Dialami Warga
Tangkapan laya akun Facebook abal-abal Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani [Suara.com/Amin Alamsyah]

Akun palsu Facebook Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani kembali memakan korban. Modusnya sama menawari program pemerintah lalu meminta uang.

SuaraJatim.id - Akun palsu Facebook Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani kembali memakan korban. Modusnya sama menawari program pemerintah lalu meminta uang.

Salah satu korbannya adalah Apni Dwi Setyawati (40) yang merupakan warga Gresik sendiri. Diceritakan Apni, kali pertama ia termakan jebakan itu saat sebuah akun mengatasnamakan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani menghubunginya melalui media sosial.

Ketika dihubungi akun tersebut, tidak ada rasa curiga karena foto yang dipakai memang foto bupati. "Tidak curiga sama sekali, saya kira ya akunnya bupati," katanya Rabu (5/5/20201).

Adapun program yang ditawarkan ke korban, yaitu Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 30 juta.

Baca Juga: Izin Allah, Sunan Ndalem Sembuh Dari Sakit Setelah Santap Kolak Ayam Ini..

Merasa punya peluang mendapatkan bantuan, korban pun bertanya lebih lanjut. Namun bantuan itu tidak gratis, Apni wajib membayar Rp 3 juta sebagai syarat administrasi.

"Saat itu, saya tidak punya cukup uang untuk persyaratan awal," ujar Apni.

Keluhan tersebut pun disampaikan kepada Johan, orang yang acap kali disebut oleh akun palsu bupati sebagai koordinator program. Setelah melakukan tawar menawar, Johan pun membolehkan Apni untuk mencicil.

"Saya nekat minjam uang ke tetangga. Sehingga hanya mampu membayar setoran awal Rp 700 ribu," bebernya.

Setelah berhasil membayar, Apni berharap program itu segerea terealisasi. Sayangnya, setelah menyampaikan bukti pengiriman uang kepada Johan melalui pesan Whatsapp, tidak ada kabar lanjutan dari program tersebut.

Baca Juga: Pria Brewok yang Katai Pengunjung Mal Bermasker Tolol Dihukum di Liponsos

Apni pun baru menyadari bahwa dia menjadi korban penipuan. Hal itu ia sadari setelah melihat postingan dari akun Fandi Akhmad Yani yang asli bahwa ada pihak yang mencoba menduplikat akun bupati tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait