alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Varian Baru Virus Corona Asal Afrika dan Inggris Terdeteksi Masuk Jatim

Muhammad Taufiq Senin, 17 Mei 2021 | 14:32 WIB

Dua Varian Baru Virus Corona Asal Afrika dan Inggris Terdeteksi Masuk Jatim
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / [Sekretariat Presiden]

Dua varian baru Virus Corona B.1351 asal Afrika Selatan dan B.117 asal Inggris terdeksi masuk ke Indonesia. Tepatnya, mutasi virus ini dua-duanya terdeteksi di Jatim.

SuaraJatim.id - Dua varian baru Virus Corona B.1351 asal Afrika Selatan dan B.117 asal Inggris terdeksi masuk ke Indonesia. Tepatnya, mutasi virus ini dua-duanya terdeteksi di Jatim.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia mengumumkan dua varian corona itu dibawa oleh pekerja migran yang pulang dari Malaysia. Satu orang membawa varian virus asal Afrika dan satu lagi varian asal Inggris.

Budi meminta pemerintah daerah bersama satgas covid-19 setempat untuk segera melakukan penguatan 3T; testing, tracing, dan treatment terhadap kontak erat pasien positif Covid-19.

"Minggu lalu kita ketemu lagi dua mutasi baru, dua-duanya terjadi di Jawa Timur. Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia, mereka bawa satu mutasi Afrika Selatan, satu lagi dari London," kata Budi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona dari India Berhasil Bikin Inggris Cemas

"Tracingnya 15 kontak erat dalam waktu 72 jam dan testingnya juga kalau bisa dilakukan sebanyak banyaknya," ucapnya melanjutkan.

Budi menegaskan, pemerintah daerah tidak perlu takut penambahan kasus positif hariannya terlihat banyak jika dilakukan testing yang masif, sebab testing justru bisa mengendalikan pandemi.

"Tidak usah takut kelihatan banyak, itu lebih baik. Karena kita bisa mendeteksi adanya pergerakan mutasi baru," katanya.

Selain itu, masyarakat juga tetap wajib menjalankan protokol kesehatan 3M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Baca Juga: Virus Corona India Alami Mutasi Ganda dan Berita Hits Kesehatan Lainnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait