facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

3 Stasiun di Jatim Layani Vaksinasi Bagi Penumpang Jarak Jauh, Cek Syaratnya di Sini

Muhammad Taufiq Rabu, 07 Juli 2021 | 10:37 WIB

3 Stasiun di Jatim Layani Vaksinasi Bagi Penumpang Jarak Jauh, Cek Syaratnya di Sini
Vaksinator memberikan suntikan vaskin Covid-19 dalam acara vaksinasi massal petugas pelayanan publik, TNI hingga wartawan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Muhammad Jehan Nurhakim]

KAI membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 di beberapa stasiun yang berada di Daerah Operasi (Daop) yang ada di Jawa Timur ( Jatim ) bagi penumpang Kereta Api jarak jauh (KAJJ).

SuaraJatim.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 di beberapa stasiun yang berada di Daerah Operasi (Daop) yang ada di Jawa Timur ( Jatim ) bagi penumpang Kereta Api jarak jauh (KAJJ).

Layanan ini bisa digunakan mulai tanggal 6 Juli 2021. Beberapa stasiun itu antara lain, Stasiun Madiun yang berada di Daop 7, Stasiun Kota Malang yang berada di Daop 8, dan Stasiun Jember yang berada di Daop 9.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, program layanan vaksinasi Covid-19 di stasiun ini merupakan hasil sinergi antara PT KAI dan Pemerintah Daerah. Termasuk dukungan terhadap program pemerintah dalam hal penanganan Covid-19.

Selain itu, hal ini juga untuk membantu melengkapi persyaratan penumpang KAJJ untuk melakukan perjalanan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca Juga: 7 Stasiun Kereta yang Instagramable di Pulau Jawa, 3 Diantaranya di Jakarta

Luqman menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan ini. Pertama, harus berusia 18 tahun ke atas. Selanjutnya, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku.

Selain itu, peserta menunjukkan KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Sedangkan khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19. Yang paling utama, calon penumpang dalam kondisi sehat.

Sebagai informasi, mulai tanggal 5 - 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Di samping itu, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama. Sedang bagi pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin, dan pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil PCR atau Rapid tes Antigen.

Baca Juga: Bahas Transportasi Masa Depan, Menteri Perhubungan hingga Bobby Kunjungi Stasiun KA Medan

Kontributor: Frisca Tanjung

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait