alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terungkap! Heboh Temuan Koin Kuno di Lamongan Ternyata Peninggalan Dinasti Song

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 09 September 2021 | 06:05 WIB

Terungkap! Heboh Temuan Koin Kuno di Lamongan Ternyata Peninggalan Dinasti Song
Beberapa keping koin kuno yang ditemukan warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu Lamongan. [Foto: Disparbud Lamongan for TIMES Indonesia]

Koin yang ditemukan di Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu itu ternyata peninggalan era Dinasti Song.

SuaraJatim.id - Heboh temuan koin kuno di Lamongan, Jawa Timur akhirnya terjawab. Koin yang ditemukan di Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu itu ternyata peninggalan era Dinasti Song.

Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan, Miftah Alamudin mengatakan, pihaknya telah mengirim sampel koin kuno dan batu bata yang ditemukan warga ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur untuk diteliti.

Hasilnya diketahui bahwa koin berbentuk bundar dan berlubang segi empat tersebut merupakan peninggalan dari masa Dinasti Song.

"Koin temuan berasal dari Dinasti Song abad 10-12 Masehi," kata Miftah mengutip dari TIMES Indonesia jaringan Suara.com, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Alhamdulillah! Pertama di Pulau Jawa, Lamongan Masuk Daerah Level 1 PPKM

Sedangkan untuk batu bata yang juga ditemukan di sekitar lokasi penemuan koin identik dengan batu bata era kerajaan Majapahit.

 
Meski telah diketahui asal usul benda kuno tersebut, namun Miftah menyebut bahwa pihaknya belum bisa menafsirkan lebih jauh apakah di lokasi penemuan koin kuno dan batu bata itu terdapat bangunan kuno atau tidak.

"Belum bisa diinterpretasikan lebih, karena butuh kajian lebih lanjut, karena minimnya data temuan selain koin dan batu bata kuno tersebut," tandasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu warga Desa Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu sempat ramai-ramai mencari koin kuno. Namun aksi pencarian tersebut akhirnya dihentikan oleh pemerintah desa setempat dan Disparbud Lamongan.

Baca Juga: Bagikan Telur Gratis ke Warga, Peternak Lamongan Frustasi Harga Telur Hancur Lebur

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait