alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kiai Marzuki Mustamar Ungguli Survei Caketum PBNU Sebanyak 24,7 Persen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10:52 WIB

Kiai Marzuki Mustamar Ungguli Survei Caketum PBNU Sebanyak 24,7 Persen
Ketua PWNU Jatim dan Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang, KH Marzuki Mustamar. [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

Sementara calon petahana Kiai Said Aqil berada di urutan ketiga sebanyak 14,8 persen

SuaraJatim.id - Nama KH Marzuki Mustamar memuncaki hasil survei calon ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Kiai senior asal Malang, Jawa Timur itu menyalip nama-nama besar tokoh NU lainnya, termasuk KH Said Aqil Siradj sebagai petahana.

Seperti diketahui, Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama direncanakan digelar pada Desember 2021 di Lampung. Muktamar NU ini mengusung sejumlah agenda besar, termasuk pemilihan ketua umum PBNU yang baru.

Melansir rilis resmi Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), sebesar 30,2 persen dari total 1200 responden Survei Nasional periode 23 Maret hingga 5 April 2021 yang berasal dari segmen masyarakat yang merasa memiliki kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU), mengungkapkan calon ketum PBNU pilihannya.

Hasilnya, sebanyak 24,7 persen memilih KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jatim). Urutan selanjutnya disusul, KH Hasan Muttawakkil Alallah dan ketua umum incumbent (petahana) KH Said Aqil.

Baca Juga: Jelang Muktamar NU, Gus Yahya Disebut Bakal Bersaing dengan Said Aqil

Nama Kiai muda, KH Bahaudin Nursalim (Gus Baha) juga muncul dan dipilih sebanyak 12,3 persen. Nama-nama lain yang muncul adalah KH Yahya Cholil Staquf, KH Marsudi Syuhud, KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan, dan KH Ali Maschan Moesa.

Berikut rincian hasil suvei.

1. KH Marzuki Mustamar 24,7%
2. KH Hasan Mutawakkil Alallah 22,2%
3. KH Said Aqil Siroj 14,8%
4. KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha 12,4%
5. KH Yahya Cholil Staquf 3,7%
6. KH Marsyudi Syuhud 1,2%
7. KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan 1,2%
8. KH Ali Maschan Moesa 1,2%
9. Tidak Tahu/ Tidak Jawab 18,5%

Temuan survei ini memiliki sejumlah catatan. Dari hasil crosed-tabulasi asal responden, angka-angka dukungan warga Nahdliyyin terhadap nama-nama tokoh dalam survei ini dipengaruhi oleh lebih terbukanya dukungan warga Nahdliyyin dari basis wilayah Jawa Timur, sehingga menempatkan dua nama Kiai Senior asal Jawa Timur di dua posisi awal, yakni KH Marzuki Mustamar (Malang) dan KH Hasan Mutawakil Alallah (Probolinggo).

Nama KH Said Aqil Siradj termasuk masih populer dan usulan namanya muncul secara merata dari berbagai wilayah.

Baca Juga: Didukung Jadi Ketua BPNU, Gus Yahya Ingin Wujudkan Pembaharuan NU

Namun di sisi lain, munculnya nama-nama baru seperti Gus Baha dengan dukungan warga Nahdliyyin yang memadai di bursa ini, juga bisa dipengaruhi oleh kuatnya aspirasi regenerasi kepemimpinan, untuk menghadirkan warna NU yang lebih fresh dan dinamis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait