alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

80 Persen Suara PWNU dan PCNU Diklaim Dukung Gus Yahya Jadi Caketum PBNU

Muhammad Taufiq Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:39 WIB

80 Persen Suara PWNU dan PCNU Diklaim Dukung Gus Yahya Jadi Caketum PBNU
Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. (Capture)

Jelang Muktamar Ke-34 sejumlah nama mencuat sebagai calon ketua umum PBNU. Salah satu nama yang muncul adalah Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.

SuaraJatim.id - Jelang Muktamar Ke-34 sejumlah nama mencuat sebagai calon ketua umum PBNU. Salah satu nama yang muncul adalah Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.

Dukungan kepada Gus Yahya ini salah satunya datang dari PWNU Jawa Timur ( Jatim ). Beberapa waktu lalu, PWNU dan sejumlah PCNU berkumpul mendeklarasikan dukungan terhadap Gus Yahya.

Sementara itu, Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sendiri mengklaim telah meraup 80 persen dukungan suara dari seluruh PWNU dan PCNU yang ada.

Ini karena perwakilan PWNU dan PCNU yang memiliki hak suara pada Muktamar ke-34 di Lampung 23-25 Desember nanti.

Baca Juga: Disebut Ideal Gantikan Said Aqil Siradj, Kiai Marsudi Syuhud Siap Jadi Caketum PBNU

"Ada 50 persen PWNU-PCNU yang mendukung, kelihatannya sudah lebih. Mungkin sekarang sudah hampir 80 persen," kata Gus Yahya, seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Sabtu (16/10/2021).

Pernyataan itu disampaikannya saat berkunjung PWNU Jatim kemarin. Menurut dia, selain Jawa Timur, kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu menyebut beberapa PWNU yang sudah berkomunikasi dan mendukung dirinya maju sebagai calon Ketum NU.

"PWNU Jawa Tengah sudah menyatakan hal yang sama, ada dari Sumatera Selatan, dari Bengkulu, dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dari Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan," katanya.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa kehadiran Gus Yahya dalam pertemuan gabungan PWNU dan PCNU se-Jatim adalah tindaklanjut dari pertemuan pekan sebelumnya yang sudah sepakat mendukung KH Miftachul Akhyar untuk didukung menjadi calon Rais Aam PBNU dan Gus Yahya sebagai calon Ketum PBNU.

"Sekarang menindaklanjuti, menyelaraskannya, membuat padu dengan cabang-cabang se-Jawa Timur. Sedianya seluruh cabang harus hadir, tapi ada yang uzur. Seperti Bawean kalau ombak besar tidak bisa hadir ke sini. Lalu juga dari Masalembu dan Kangean," katanya menegaskan.

Baca Juga: PWNU Jatim Tegaskan Dukung ke Gus Yahya Staquf Maju Calon Ketum PBNU di Muktamar ke-34 NU

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait