alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ashabul Kahfi, Kisah Pemuda Tertidur di Gua Selama 309 tahun

Dythia Novianty Senin, 25 Oktober 2021 | 09:30 WIB

Ashabul Kahfi, Kisah Pemuda Tertidur di Gua Selama 309 tahun
Situs Ar-Raqim di Amman, Yordania, menjadi salah satu tempat yang diyakini sebagai Gua Ashabul Kahfi. (Media Ihram Asia)

Ashabul Kahfi adalah kisah yang menceritakan tujuh pemuda yang tertidur lelap di dalam gua selama 309 tahun.

SuaraJatim.id - Ashabul Kahfi adalah kisah yang menceritakan tujuh pemuda yang tertidur lelap di dalam gua selama 309 tahun. Mereka ditidurkan oleh Allah SWT karena mempertahankan keimanannya. Kisah ini terjadi sebelum zaman Nabi Muhammad Saw.

Para pemuda ini bersembunyi di dalam Gua Rajib sekitar 8 kilometer (km) dari Amman, Yordania, karena melarikan diri dari kekejaman Raja Diqyanus. Pada saat itu sang raja memerintahkan untuk membunuh orang yang menolak menyembah berhala. Ia ingin mengembalikan ajaran agama Romawi kuno. Ini dikisahkan dalam Alquran dalam surah Al Kahfi dan juga di Alkitab.

Arti dari Al Kahfi adalah gua. Kisah ini diabadikan dalam Alquran pada Surat Al Kahfi surat yang ke-18. Salah satunya pada Surat Al Kahfi ayat 10 yang artinya (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”

Mengenal Ashabul Kahfi

Baca Juga: Doa Mohon Kesembuhan untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Dahulu diceritakan seorang raja penyembah berhala dari Romawi bernama Diqyanus menyerbu Kota Efesus. Akibatnya kekuasaan berpindah secara paksa di bawah mereka. Secara otomatis rakyatnya diwajibkan mematuhi semua peraturan yang mereka tetapkan baik berupa positif atau negatif.

Banyak yang tidak setuju termasuk Ashabul Kahfi. Akibatnya mereka mati-matian menentang karena dipaksa menganut ajarannya. Mereka pun lari sampai akhirnya menemukan sebuah gua dan memasukinya untuk berlindung.

Ashabul Kahfi. [Wikipedia]
Ashabul Kahfi. [Wikipedia]

Sosok Ashabul Kahfi

Ashabul Kahfi dikatakan terdiri dari 7 orang pemuda bernama Kastunus, Martinus, Maxalmena, Danimus, Bairunus, Thamlika, dan Yathbunus. Kisah 7 orang pemuda ini tertuang dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 1-26. Namun demikian, jumlah pemuda ini masih terdapat perdebatan, tapi yang paling terkenal ada 7 termasuk peliharaannya.

Tertulis dalam buku kisah-kisah dalam Surah Al Kahfi (2019) karya Angga Mulyana menyebutkan kejayaan Raja Diqyanus tidak berlangsung lama hanya sekitar 3 tahun dimulai dari 249 sampai 251.

Baca Juga: Doa Keluar Rumah Anjuran Nabi Muhammad, Agar Tidak Celaka di Jalan

Jika tidak menyembah berhala, maka pemerintah tidak segan-segan untuk membunuh dirinya dan seluruh keluarganya. Suatu saat terdengar kabar terdapat pemuda yang masih mempertahankan keyakinannya. Saat itu juga ia meminta para prajuritnya membawa pemuda itu ke hadapannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait