facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Manfaat Salat Tahajud, Dibanggakan Allah Dihadapan Malaikat hingga Kesehatan Rohani

Dinar Surya Oktarini Senin, 25 Oktober 2021 | 13:00 WIB

7 Manfaat Salat Tahajud, Dibanggakan Allah Dihadapan Malaikat hingga Kesehatan Rohani
Manfaat salat tahajud. [Shutterstock]

Meski hukumnya sunah, manfaat salat Tahajud yang didapatkan sangatlah besar.

SuaraJatim.id - Ada beberapa manfaat Salat Tahajud yang merupakan salah satu Salat atau ibadah Sunah yang dikerjakan umat Muslim. 

Dalam ajaran Islam ada ibadah wajib dan sunah. Salat tahajud merupakan ibadah sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan umat Islam. Meski hukumnya sunah, tetapi ada banyak manfaat Salat Tahajud untuk umat muslim. 

Salat sunah ini dikerjakan pada waktu malam hari, dalam kurun waktu setelah Salat Isya hingga sebelum waktu Subuh. Namun, waktu yang paling tepat untuk mengerjakannya yakni sepertiga malam terkahir.

Ilustrasi sholat, salat, shalat, tahiyat (envato)
Manfaat salat tahajud (envato)

Hal itu disebutkan dalam Al-Quran. "Pada sebagian malam, hendaklah engkau mendirikan Salar Tahajud sebagai tambahan untukmu. Semoga mengangkatmu ke derajat terpuji," (Surat Al-Isra ayat 79)

Baca Juga: Tata Cara Mengerjakan Salat dan Doa Tahajud di Sepertiga Malam

Salat Tahajud minimal dikerjakan sebanyak dua rekaat. Cara mengerjakannya dua rekaat salam. Sebagian ulama berpendapat jika Salat Tahajud lebih baik atau lebih utama jika dilakukan setelah bangun tidur.

Manfaat Salat Tahajud adalah: 

1. Akan dibanggakan oleh Allah kepada Malaikat

Allah membanggakan hambanya yang melakukan Salat Tahajud kepada para malaikat. Dalam sebuah atsar yang terdapat di Kitab Risalatul Mu'awanah wal Mudzarah wal Muazarah disebutkan:

"Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba itu berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju Salat dan Allah menerima hamba tersebut".

Baca Juga: Lengkap! Doa Setelah Sholat Tahajud dan Manfaatnya

2. Doa kebaikan yang dipanjatkan akan dikabulkan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait