alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hadits Tentang Niat: Amalan Tergantung Pada Niatnya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:04 WIB

Hadits Tentang Niat: Amalan Tergantung Pada Niatnya
Doa di hari jumat [Pixabay]

Setiap aktivitas, seorang mukmin wajib mengorientasikan niatnya kepada Allah SWT.

SuaraJatim.id - Hadits tentang niat. Niat merupakan hal penting dalam setiap langkah seorang mukmin. Setiap aktivitas, seorang mukmin wajib mengorientasikan niatnya kepada Allah SWT.

Hadist tentang niat perlu diketahui muslim, apakah ibadah yang dilakukan sudah sesuai dengan niatnya atau tidak.

Sebab, niat merupakan salah satu pembeda antara perbuatan bernilai ibadah dan bukan ibadah.

Maksud dari perbuatan yang berbentuk ibadah adalah perbuatan tersebut merupakan sebuah ibadah yang memiliki ketentuan khusus seperti sholat, yang di dalamnya terdapat rukuk dan sujud.

Baca Juga: Niat Sholat Jamak Takhir Beserta Tata Caranya

Salah satu hadits yang berkenaan dengan niat yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hafsh Umar Bin Al Khattab, dari Amirul Mukminin, bahwasanya dia mendengar Nabi Muhammad (Rasulullah SAW) bersabda :

Innamal ‘a’maalu binniyyaati, wa innamaa likulli mriin maa nawaa, faman kaanat hijrotuhu ilallahi wa rosuulihi, wa man kaanat hijrotuhu lidunyaa yushiibuhaa awimroatin yatazawwajuhaa fahijrotuhu ilaa maa haajaro ilaihi.

Artinya : Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.

(Hadits Riwayat Al Imam al Bukhari dan Al Imam Al Muslim) HR Bukhari no 1 dan Muslim no 1907.

Fungsi Niat

Baca Juga: Niat Puasa Nazar, Doa dan Manfaat yang Didapatkan

Mengutip dari situs muslim.or.id, yang menjelaskan tentang fungsi niat menurut Al-Hafidz Ibnu Rajab Al-Hambali, ada dua fungsi dari niat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait