alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Hadist tentang Sabar Sebagai Jalan Hidup Menyelamatkan Manusia dari Dosa

Pebriansyah Ariefana Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:25 WIB

6 Hadist tentang Sabar Sebagai Jalan Hidup Menyelamatkan Manusia dari Dosa
Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)

Simak hadist tentang sabar, bisa jadi penuntun hidup manusia.

SuaraJatim.id - Sabar menyelesaikan masalah yang rumit sekaligus. Dengan bersabar, kita bisa selamat dari penyakit hati, salah satunya dengki dan pemarah. Simak hadist tentang sabar, bisa jadi penuntun hidup manusia.

Pertama, sabar sebagai penggugur dosa

Hadits pertama datang dari HR. Imam Bukhari dan Muslim yang menyebutkan “ma min muslim yuushibu 'adhana min marad fama sawaah 'iilaa pw , gmat alshukr riha”

Yang artinya:

Baca Juga: Benarkah Kebanyakan Makan Kayu Manis Bisa Sebabkan Keracunan? Ini Faktanya!

"Seorang muslim yang tertimpa suatu gangguan berupa penyakit atau yang lainnya pasti Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya."

Kedua, Sabar pembuka pintu surga

Hadits tentang sabar yang kedua berbicara tentang barangsiapa yang bisa menahan amarah atau bersabar maka akan didekatkan dengan pintu surge, seperti yang diriwayatkan HR. Tirmidzi:

iidha maat walah aleabd qal allah 'iimlana taw: bim walideibadi? qawluna: nem , yaqula: qabidtum thamaratan fuaadi? fayaqulun : judak wastarjae , fayaqul allah : abu lieabdi baya fi aljanat watuh bayt 'alhamir

Artinya: "Jika seorang anak dari hamba Allah meninggal dunia, Allah mengatakan kepada malaikat-Nya (yang telah mencabut nyawa anak manusia tersebut): "Kalian telah mencabut ruh anak hambaKu? mereka mengatakan: 'Ya', Allah berfirman: Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku? Malaikat menjawab: memuji-Mu dan mengucapkan tarji (Innaa lillahi wa inna ilaihi raaji'un). Maka Allah berfirman: "Bangunkanlah untuk hamba-Ku sebuah rumah di surga dan namailah dengan Baitulhamdi (rumah pujian)"

Baca Juga: Hindari 4 Kalimat Ini Jika Tak Ingin Memiliki Mental Miskin

Ketiga sabar menghadapi musibah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait