alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Khasiat Surat Annas Bisa Sembuhkan Rasa Sakit, Begini Cara Amalannya

Dythia Novianty Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:05 WIB

Khasiat Surat Annas Bisa Sembuhkan Rasa Sakit, Begini Cara Amalannya
Ilustrasi berdoa atau sholat. [Hasan Almasi/Unsplash]

Surat Annas adalah surah penutup (ke-114) dalam Al Quran.

SuaraJatim.id - Surat Annas adalah surah penutup (ke-114) dalam Al Quran. Nama Annas diambil dari kata Annas yang berulang kali disebut dalam surah ini yang berarti manusia. Apa keistimewaan Surat Annas dan khasiat Surat Annas? Berikut ulasannya.

Surat Annas ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyah terdiri dari 6 ayat. Isi surat adalah anjuran supaya manusia memohon perlindungan kepada Allah terhadap pengaruh hasutan jahat setan yang menyelinap di dalam diri.

Berikut keistimewaan Surat Annas.

1. Terjaga Sampai Hari Kematian

Baca Juga: Manfaat Baca Surat Al Insyirah, Mendatangkan Rezeki dan Menghilangkan Rasa Malas

Seperti yang dikatakan oleh Imam Musa Al-Kazhim, “Sangatlah banyak keutamaan surat ini bagi anak kecil jika padanya dibacakan Surat Al Falaq (3 kali), Surat Annas (3 kali), dan Surat Al Ikhlas (100 kali) dan jika tidak mampu (50 kali). Jika ia ingin memperoleh penjagaan diri dengan bacaan itu, ia akan terjaga sampai hari kematian men-jemputnya.” (Mafatihul Jinan 479).

2. Menyembuhkan Rasa Sakit

Ilustrasi Sakit Batuk. (Pexels/Andrea Picquadio)
Ilustrasi Sakit. (Pexels/Andrea Picquadio)

Surat Annas sebagai obat penyembuh rasa sakit. Seperti riwayat berikut ini, “Imam Muhammad Al-Baqir berkata bahwa Rasulullah Saw mengadu karena sakit yang dideritanya. Kemudian Jibril AS. datang kepadanya, dan Mikail berada di dekat kakinya. Kemudian Jibril memohonkan perlindungan untuknya dengan surat Al Falaq, dan Mikail memohonkan perlindungan untuknya dengan surat Annas.” (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/725).

3. Rukyah

Fadilah Surat Annas yang lainnya adalah untuk metode rukyah. Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata, “Jibril datang kepada Rasulullah Saw ketika sedang mengadu karena sakit, lalu Jibril merukyah (mengobati)nya dengan Surat Al Falaq, Annas dan Al Ikhlas. Jibril berkata: Dengan nama Allah aku ruqiyah kamu, Allah pasti menyembuhkan kamu dari segala penyakit, ambillah surat ini niscaya ia akan memberi kamu ketenangan dan kesembuhan kemudian Nabi Saw membacanya.” (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/725)

Baca Juga: Khasiat Surat Al Ikhlas, Jika Dibaca 10 Kali Akan Dapat Istana di Surga

Surat Annas dan Tafsirnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait