alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Khasiat Surat Al Ikhlas, Jika Dibaca 10 Kali Akan Dapat Istana di Surga

Dythia Novianty Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:57 WIB

Khasiat Surat Al Ikhlas, Jika Dibaca 10 Kali Akan Dapat Istana di Surga
Ilustrasi berdoa. (Elemen Envato)

Keutamaan Surat Al Ikhlas sangat luar biasa karena berisi perintah mengesakan Allah SWT dan menolak menduakan-Nya.

SuaraJatim.id - Keutamaan Surat Al Ikhlas sangat luar biasa karena berisi perintah mengesakan Allah SWT dan menolak menduakan-Nya. Quraish Shibab menuturkan nama Surat Al Ikhlas dari kata khalis yang berarti suci atau murni setelah sebelumnya memiliki kekeruhan.

Surat Al Ikhlas adalah surat ke-112 dalam Alquran yang termasuk dalam surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah. Surat ini diturunkan Allah setelah Surat Annas. Setiap surat diturunkan sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung.

Berikut keutamaan Surat Al Ikhlas.

1. Setara dengan Sepertiga Al Quran

Baca Juga: Surat Al Kafirun Ayat 1-6: Keutamaan dan Tafsirnya

Hal ini berdasarkan hadits yang artinya, “Dari Abu Darda’ bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam?’ Mereka mengatakan: ‘Bagaimana kami bisa membaca seperti Alquran?” Lalu Nabi bersabda: ‘Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Qur’an.” (HR Muslim)

2. Akan Mendapatkan Kecintaan Allah Swt

Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)
Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)

Dari Aisyah bahwa Rasulullah Saw mengutus seorang lelaki dalam suatu sariyyah (pasukan khusus yang ditugaskan untuk operasi tertentu). Laki-laki tersebut ketika menjadi imam salat bagi para sahabatnya selalu mengakhiri bacaan suratnya dengan ‘Qul Huwallahu Ahad.’ Ketika mereka pulang, disampaikan berita tersebut kepada Rasulullah Saw.

Maka beliau bersabda: “Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, “Karena di dalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah SAW bersabda: “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Membaca Tiga Kali seperti Mengkhatamkan Alquran

Baca Juga: Obat Anti Galau Ala Islam, Baca Ayat Al Quran Penyemangat Hidup

Keutamaan surat Al Ikhlas ini merupakan gambaran bahwa dibaca dalam bilangan tertentu, akan mempunyai pahala orang yang membaca 30 Juz Alquran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait