facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Tahajud Lengkap dengan Keutamaannya

Dinar Surya Oktarini Selasa, 09 November 2021 | 08:00 WIB

Bacaan Doa Tahajud Lengkap dengan Keutamaannya
Ilustrasi salat/berdoa saat Maulid Nabi. (Elements Envato)

Berikut bacaan doa tahajud lengkap dengan keutamannya.

SuaraJatim.id - Salah satu amalan yang bisa dikerjakan di sepertiga malam adalah melakukan salat tahajud. Bagi yang melaksanakannya, yuk simak bacaan doa tahajud berikut ini. 

Di luar pengajian dan tadarus, selain salat Tarawih yang memang identik dengan bulan Ramadan, salat sunat yang juga penting dilakukan adalah salat Tahajud.

Sebenarnya Tahajud tidak saja diharapkan bisa ditegakkan saat Ramadan, namun juga sehari-harinya di luar bulan puasa ini. Hal itu juga terutama karena salat sunah Tahajud memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri.

Ilustrasi salat. (Pixabay)
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Keutamaan Salat Tahajud

Baca Juga: Kumpulan Doa Tahajud agar Keinginan Cepat Terkabul

Lantas apakah sebenarnya keutamaan sholat Tahajud itu? Untuk ini, hadis berikut setidaknya telah memberikan jawaban.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu (RA), Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda (yang artinya):

"Allah Subhanahu wa Ta'ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya)

Kapan Waktu Salat Tahajud

Sebagian ulama menyebutkan bahwa di sepertiga malam bagian mana pun, sebenarnya dibolehkan saja melaksanakan salat Tahajud, di mana ibadah itu disarankan dilakukan setelah terbangun dari tidur (meskipun sejenak).

Baca Juga: 3 Artis Pindah Agama Kristen Diberi Petunjuk Usai Salat, Nania Idol Setelah Tahajud

Namun sebagaimana hadis di atas pula, waktu paling utama dalam melaksanakan salat Tahajud tampaknya adalah di sepertiga malam terakhir. Dalam hal ini, sebagian ulama pula menyebut, boleh saja melakukannya tanpa sempat tidur terlebih dulu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait