facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Surah Al Mujadalah ayat 11, Semangat untuk Menuntut Ilmu

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 19 November 2021 | 08:31 WIB

Surah Al Mujadalah ayat 11, Semangat untuk Menuntut Ilmu
Surah Al Mujadalah ayat 11

Surah Al Mujadalah merupakan surah ke-58 dalam Al Quran.

SuaraJatim.id - Berikut ini pembahasan mengenai Surah Al Mujadalah ayat 11. Ayat ini berisi tentang penjelasan adab bermajelis dan motivasi untuk menuntut ilmu.

Surah Al Mujadalah merupakan surah ke-58 dalam Al Quran. Surah ini terdiri atas 22 ayat dan masuk dalam kategori Madaniyah, karena turun ketika Nabi Muhammad SAW sudah hijrah ke Madinah.

Asbabun Nuzul atau latar belakang ayat ini diturunkan, adalah ucapan orang-orang munafik yang menuduh Nabi Muhammad SAW berlaku tidak adil dalam majelis.

Tuduhan itu berasal dari sebuah majelis. Ketika majelis sedang berlangsung, sahabat ahli badar datang. Sahabat ahli badar memberikan ucapan salam kepada Nabi Muhammad SAW, serta kepada orang-orang yang ada di majelis.

Baca Juga: Rincian Jumlah Surah dalam Al Quran Beserta Artinya

Salam itu kemudian dibalas, namun orang-orang yang ada di majelis tidak ada yang beranjak dari tempat duduk. Akhirnya, para ahli badar itu berdiri.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Nabi Muhammad SAW kemudian meminta sahabat-sahabat yang tidak ikut perang badar, untuk memberikan tempat. Permintaan ini yang kemudian disebar para orang munafik bahwa Nabi Muhammad SAW berlaku tidak adil.

Fitnah yang disebar orang-orang munafik itu kemudian diketahui Nabi Muhammad SAW. Beliau pun akhirnya memberi penjelasan bahwa rahmat Allah akan didapat bagi siapa saja yang memberi kelapangan untuk saudaranya. Allah SWT pun menurunkan Surah Al Mujadalah ayat 11.

Berikut ini tulisan latin dan arti dari Surah Al Mujadalah ayat 11:

Y ayyuhallana man i qla lakum tafassa fil-majlisi fafsa yafsaillhu lakum, wa i qlansyuz fansyuz yarfa'illhullana man mingkum wallana tul-'ilma darajt, wallhu bim ta'malna khabr

Baca Juga: Makna dan Kandungan Surah Al-Insyirah, Penghibur Nabi Muhammad SAW Ketika Syiar Islam

Artinya, Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu,"Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait