alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masya Allah Beragam Fadhilah Surah Yunus, dari Keselamatan Kehamilan Hingga Tangkal Sihir

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 19 November 2021 | 08:42 WIB

Masya Allah Beragam Fadhilah Surah Yunus, dari Keselamatan Kehamilan Hingga Tangkal Sihir
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Nama Nabi Yunus tidak hanya ada di kisah para nabi. Namanya pun diabadikan di salah satu surah di Al Quran, yakni Surah Yunus.

SuaraJatim.id - Kalau kita pernah mendengar kisah Nabi Yunus, kita akan teringat cerita ketika Nabi Yunus ditelan oleh seekor ikan besar. Kisah ini mirip dengan cerita Pinokio. Nama Nabi Yunus tidak hanya ada di kisah para nabi. Namanya pun diabadikan di salah satu surah di Al Quran, yakni Surah Yunus.

Surah Yunus adalah surah ke 10 dalam Al Quran dan memiliki 109 ayat. Surah ini cukup unik, karena diturunkan di dua kota, yani Makkah dan Madinah. Secara umum, surah Yunus diturunkan di Makkiyah, kecuali ayat 40, 94, 95 yang diturunkan di Madinah setelah Nabi Muhammad dan para sahabat hijrah.

Penggolongan Surah Yunus ada yang menggolongkan ke dalam surah Al Mi’atun. Ini artinya adalah surah yang panjang, yang memiliki jumlah ratusan ayat. Namun ada juga ulama yang menggolongkannya ke dalam golongan tujuh surah terpanjang, atau “as-Sab’u at-Thiwal"

Kandungan Surah Yunus

Baca Juga: Kandungan Penting Surah Ali Imran ayat 159, Penting Dipahami oleh Para Pemimpin

Penamaan surah ini dengan nama Yunus sebernarnya hanya simbol. Bukan berarti surah ini secara keseluruhan menjelaskan atau mengusahkan tentang kenabian Yunus As. Dalam surah ini, kata “Yunus” justru hanya terdapat di dalam satu ayat, yakni ayat 98. Namun ayat tersebut merupakan ayat terpenting, sehingga dijadikan nama keseluruhan Surah.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Adapun isi dari Surah Yunus ayat 98 adalah sebagai berikut.

Falau l knat qaryatun manat fa nafa'ah mnuh ill qauma ynus, lamm man kasyafn 'an-hum 'abal-khizyi fil-aytid-dun-y wa matta'nhum il n

Artinya: Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu), beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu.

Selain Nabi Yunus, ada sejumlah nama nabi lainnya yang disebut dalam surah ini, diantaranyaNabi Musa dengan Bani Israil yang merupakan kaumnya dan juga Nabi Nuh.

Baca Juga: Baca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Jika Anak Lelaki Akan Jadi Ganteng?

Pada ayat lainnya, Surah Yunus menjelaskan keimanan akan Al Qur’am sebagai kalamullah, Allah sebagai Tuhan pencipta dan pengatur alam semesta dan penjelasan tentang keesaan Allah.

Keutamaan dan manfaat Surah Yunus

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Sebagaimana halnya surah lain dalam Al Quran, Surah Yunus juga memiliki sejumlah manfaat atau fadhillah. DIantaranya:

1. Sebagai doa keselamatan perempuan hamil

Laman abusyuja.com menulis, Surah yunus dapat digunakan sebagai doa untuk keselamatan perempuan yang sedang hamil. Caranya adalah dengan membaca SUrah Yunus ayat 31. Surah ini baik dibaca oleh wanita yang tengah hamil secara istiqomah setelah mendirikan sholat fardhu. Atas izin Allah. Ia akan melahirkan tanpa kesulitan sehingga ibu dan bayinya akan selamat. Adapun Surah Yunus ayat 31 berbunyu sebagai berikut.

"Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka katakanlah "Mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?" (QS. Yunus: 31)

2. Bisa mengusir setan dan gangguan jin jahat

Surah Yunus juga dipercaya bisa melindungi kita dari setan dan gangguan jin jahat. Caranya adalah dengan membaca ayat 64 surah tersebut sebelum tidur. Adapun isi ayat tersebut adalah sebagai berikut.

Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar." (QS. Yunus: 64)

3. Dapat membatalkan sihir

Hal ini ditulis oleh laman ilmualquran.com. Menurut laman tersebut ada dua ayat dalam Surah Yunus yang bisa digunakan untuk membatalkan sihir. Dua ayat tersebut adalah ayat 80 dan 81. Bunyi kedua ayat tersebut adalah sebagai berikut.

Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada mereka: "Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan."(QS. Yunus: 80)

Maka setelah mereka lemparkan, Musa berkata: "Apa yang kamu lakukan itu, itulah yang sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan ketidak benarannya" Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-yang membuat kerusakan.(QS. Yunus: 81)

4. Sebagai penyembuh penyakit

Surah Yunus juga diyakini bisa menjadi media untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit, sebagaimana yang tercantum dalam ayat 57. Bunyinya adalah sebagai berikut.

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus: 57)

Demikian tadi ulasan mengenai Surah Yunus yang ternyata memiliki sejumlah khasiat dan manfaat. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya untuk kehidupan kita sehari-hari.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait