facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bagi Kalian yang Mau Lihat Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Masih Ada Waktu

Muhammad Taufiq Jum'at, 19 November 2021 | 17:40 WIB

Bagi Kalian yang Mau Lihat Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Masih Ada Waktu
Ilustrasi gerhana bulan. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Fenomena Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat sore ini, Jumat (19/11/2021). Dimulai sekitar pukul 17.30 WIB hingga 19.50 WIB.

SuaraJatim.id - Fenomena Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat sore ini, Jumat (19/11/2021). Dimulai sekitar pukul 17.30 WIB hingga 19.50 WIB.

Nah, bagi kalian yang mau menikmati fenomena ini silakan melihatnya. Sebab Gerhana Bulan Separuh ini diperkirakan hanya akan berlangsung selama 6 jam 5 menit 7 detik.

Seperti dijelaskan Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda, Teguh Tri Susanto, hanya sebagaian wilayah Indonesia saja yang akan tampak fenomena alam ini.

"Durasi fase gerhana sebagian mulai hingga gerhana sebagian berakhir 3 jam 29 menit. Hanya sebagian fase GBS (gerhana bulan sebagian) bisa teramati di Indonesia, akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com.

Baca Juga: Gerhana Bulan Sebagian di DIY, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Soal Kenaikan Muka Air Laut

Untuk wilayah Jawa Timur bisa melihat penampakan gerhana bulan sebagian saat bulan terbit hingga jelang akhir fase gerhana bulan sebagian berkahir pukul 19.05 WIB.

Warga di wilayah Malang dan sekitarnya bisa mengamati gerhana ini saat mulai fase terbitnya bulan pada pukul 17.30 WIB. "Hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," katanya melanjutkan.

Sementara itu Teguh menerangkan, gerhana bulan merupakan dinamisnya pergerakan posisi pada matahari, bumi dan bulan. Peristiwa ini terjadi hanya ketika keadaan tertentu.

"Kejadian ini bisa diperkirakan sebelumnya, termasuk pada proses dan dampak yang ditimbulkan," ujarnya menegaskan.

Ketika gerhana bulan sebagaian masuk pada puncaknya, warna bulan akan berubah menjadi berwarna gelap dan kemerahan pada bagian yang terkena umbra bumi.

Baca Juga: Penjelasan MUI Tentang Warga Bandung Tak Disyariatkan Sholat Gerhana Bulan Hari Ini

"Gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra bumi," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait