facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peternak Kediri Bagikan Ikan Cupang ke Pengendara Buat Lawan Nyamuk Demam Berdarah

Muhammad Taufiq Sabtu, 20 November 2021 | 12:00 WIB

Peternak Kediri Bagikan Ikan Cupang ke Pengendara Buat Lawan Nyamuk Demam Berdarah
Bagi-bagi ikan cupang ke pengendara oleh Komunitas Peternak Ikan Hias Kediri [Foto: Beritajatim]

Komunitas peternak ikan hias di Kediri membagikan ribuan ikan kepada pengendara di jalan raya.

SuaraJatim.id - Komunitas peternak ikan hias di Kediri membagikan ribuan ikan kepada pengendara di jalan raya. Aksi komunitas yang tergabung dalam Kediri Koi Club (KKC) itu dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional 2021.

Ketua panitia Andik Setiawan, mengatakan selain untuk memperingati hari ikan Nasional, kegiatan tersebut juga untuk mengenalkan tentang manfaat mengkonsumsi ikan, yang banyak mengandung nilai gizinya.

Aksi bagi-bagi ikan ini dilakukan di perempatan Katang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Sedikitnya ada 4,5 ribu ekor ikan cupang dan ikan hias komet yang diberikan kepada pengguna jalan yang melintas.

Dengan pembagian ikan hias gratis ini, para peternak ingin memperkenalkan ikan jenis air tawar yang memiliki karakter warna warni kepada masyarakat secara luas.

Baca Juga: Kalah Dari Arema FC, Persik Kediri Kini Masuk Zona Merah Degradasi

"Jadi kegiatan ini kami lakukan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, selain untuk mengenalkan tentang manfaat mengkonsumsi ikan, juga mengenalkan tentang budidaya ikan tawar kepada para pengendara," kata Andik Setiawan, seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Sabtu (20/11/2021).

Selain itu, karena saat ini memasuki musim penghujan, kegiatan tersebut juga membantu program Pemerintah mengatasi penyakit demam berdarah (DB) melalui pengendalian alami jentik nyamuk aedes aegypti menggunakan hewan pemangsa.

"Karena saat ini memasuki musim hujan yang dikhawatirkan memicu perkembang biakan nyamuk. Makanya kita berikan ikan bisa gratis agar ditaruh di kamar mandi,guna memakan jentik-jentik," tambah Andik.

Sementara para pengendara yang menerima ikan hias mengaku senang. Rencananya ikan hias tersebut akan ditaruh di kamar mandi, guna memberantas jentik nyamuk aedes aegypti.

"Sangat mendukung aksi ini, karena paling tidak mampu mengurangi nyamuk aedes aegypti," ujar Siska saat menerima ikan hias gratis.

Baca Juga: Bupati Kediri Ajak Warga Berantas Praktik Jual Beli Jabatan Perangkat Desa

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait