alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kandungan Pokok dan Manfaat Lengkap dengan Bacaan Surah Al-anam Ayat 1-165

Dinar Surya Oktarini Senin, 22 November 2021 | 13:03 WIB

Kandungan Pokok dan Manfaat Lengkap dengan Bacaan Surah Al-anam Ayat 1-165
Berburu Pahala, Ini Manfaat Tadarus Alquran di Bulan Ramadan (shutterstock)

Yuk simak bacaan latin serta manfaat lengkap Surah Al-anam.

SuaraJatim.id - Surah Al-Anam merupakan surat ke-6 dalam Al Quran. Surah ini terdiri atas 165 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Al-an'am artinya hewan ternak, karena dalam surat tersebut disebutkan hewan ternak. Dimana dalam kisahnya hewan ternak oleh kaum musyrik dijadikan hewan yang dimulyakan bahkan disembah.

Hewan ternak yang dimasud antara lain unta, sapi, kambing, biri-biri, domba dan lain sebagainnya. Surah al an’am tidak diturunkan secara beransur ansur seperti surat surat lainnya,namun surat al an’am diturunkan sekaligus. Ketika diturunkan, sebanyak 70 ribu malaikat ikut turun dan mengiringinya.


Berikut Fadilah atau keutamaan Surah Al-an'am:

Baca Juga: Isi Kandungan Surah Al-Araf Lengkap dengan Bacaan Latinnya

• Termasuk tujuh surat pertama yang penghafalnya adalah orang yang alim dan bertakwa.

• Termasuk As-Sab'uth Thilawah sebagai pengganti Taurat.

• Termasuk Al-Matsani At-Thiwal untuk Rasulullah, sebagai pengimbang Lauh Nabi Musa.

• Dikawal oleh para malaikat ketika diturunkan. Jibril mengatakan bahwa ketika surat Al-An'am turun, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya surat ini dikawal oleh para malaikat hingga langit tertutupi oleh mereka." (HR. Al-Baihaqi dan Al-Hakim)

• Jika mengetahui keutamaannya niscaya tidak ada orang yang mau meninggalkannya. Abi Abdullah berkata, "Sesungguhnya surat Al-An'am turun dalam satu jumlah, 70.000 malaikat mengiringinya ketika diturunkan kepada Rasulullah, lalu mereka mengagungkan dan memuliakannya. Karena sesungguhnya asma Allah yang suci berada di dalamnya, di tujuh puluh tempat. Dan seandainya orang-orang mengetahui keutamaan dalam membacanya, maka mereka tidak akan meninggalkannya." (Tafsirul Burhan, Juz 3: 201)

Baca Juga: Makna Surah Ar-Rum Ayat 21: Membangun Keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warohmah

• Dimohonkan ampunan oleh 70.000 malaikat. Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-An'am, maka 70.000 akan memohonkan ampun kepadanya di siang hari dan di malam harinya."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait