alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kandungan Surah Al Adiyat, Balasan Bagi Manusia yang Ingkar dengan Nikmat Allah SWT

Risna Halidi Jum'at, 26 November 2021 | 14:13 WIB

Kandungan Surah Al Adiyat, Balasan Bagi Manusia yang Ingkar dengan Nikmat Allah SWT
Ilustrasi berdoa atau sholat dan membaca surah al adiyat. [Hasan Almasi/Unsplash]

Berikut bacaan surah Al Adiyat ayat 1 hingga 11 beserta isi kandungannya yang coba kami sajikan.

SuaraJatim.id - Surah Al Adiyat terdiri atas 11 ayat dan termasuk surah Makkiyah, surat ini diturunkan setelah surah Al-‘Asr.
Nama Al Adiyat diambil dari kata Al ‘Aadiyaat, yang berarti berlari kencang yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

Sedangkan isi dalam surah Al Adiyat berupa sumpah Allah SWT kepada manusia yang ingkar dan yang sangat mencintai harta benda, bahwa mereka akan mendapat balasan yang setimpal di kala mereka dibangkitkan dari kubur, dan di kala isi dada mereka ditamparkan.

Surah Al Adiyat secara umum menggambarkan kerugian kebanyakan manusia pada hari terjadinya zalzalah (kiamat). Nah. Berikut bacaan surah Al Adiyat ayat 1 hingga 11 beserta isi kandungannya yang telah dirangkum.

Bacaan Surah Al Adiyat beserta Artinya

Baca Juga: Surah An Nahl, Punya Manfaat untuk Terhindar dari Hutang hingga Kesulitan Hidup

Ilustrasi membaca al quran (unsplash)
Ilustrasi membaca al quran surah al adiyat (unsplash)

Wal ‘ aadiyaati dlobhaa. Falmuuriyaati qodhaa. Falmughiirooti shubhaa. Fa atsarna bihii naq’aa. Fawasathna bihii jam’aa. Innal insaana lirobbihii lakanuud. Wa innahuu ‘alaa dzaakila lasyahiid. Wa innahuu lihubbil khoiri lasyadid. Afalaa ya’lamu idzaa bu’tsiro maafil qubuur. Wahushshila maa fish shuduur. Inna robbahum bihim yaumaidzil lakhobiir

Artinya:

Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah, dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kainya), dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh. Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterimakasih kepada Tuhannya, dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya, dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta. Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada didalam kubur, dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada, sesunggugnya Tuhan mereka pada hari itu Maha menegtahui keadaan mereka.

Kandungan Surah Al Adiyat
Surah Al Adiyat ini diawali dengan sumpah Allah. Dia bersumpah dengan kuda perang yang berlari kencang terengah-engah hingga memercikan api saat kakinya bergesekan dengan batu. Semua itu rela dilakukan kuda demi memenuhi kehendak tuannya.

Mengingat manusia, mengapa justru mereka ingkar kepada nikmat-nikmat Allah. Mengapa tidak seperti kuda yang siap dikendalikan ke medan perang kapan saja. Maka, manusia diingatkan agar tidak mencintai dunia yang membuat bakhil.

Baca Juga: Viral, Perempuan Bersumpah Sambil Injak Alquran Diduga Dituduh Soal Perselingkuhan

Wanita muslim/hijab baca Al Quran, hadist (elemen envato)
Wanita muslim membaca Alquran surah al adiyat (elemen envato)

Sementara nanti ketika dibangkitkan dari kubur, harta dunia yang dulu dicintainya itu tidak memberi manfaat apa-apa. Pada saat itu, ditampakkan segala yang tersembunyi dalam hati.

Termasuk betapa besar cintanya kepada dunia. Termasuk betapa besar kebakhilannya. Manusia diingatkan hari kebangkitan; ada hisab, ada balasan.

Dan Allah Maha Mengetahui serta tak ada yang tersembunyi dari-Nya meskipun dirahasiakan rapat-rapat dalam hati.

Mengapa Allah Bersumpah
Allah bersumpah dikarenakan untuk lebih meyakinkan kepada manusia yang akan menerima kerugian besar. Kerugian tersebut pasti akan dialami oleh manusia apabila dalam hidupnya selalu ingkar dan tidak pernah mensyukuri nikmat Allah SWT.

Itulah tadi penjelasan tentang surah Al Adiyat, yang memberitahukan tentang sumpah Allah SWT kepada manusia yang ingkar dan lebih cinta dunia dan tidak mempersiapkan untuk akhirat.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait