alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wapres Maruf Amin Mengunjungi Lokasi Huntara Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 14 Januari 2022 | 10:12 WIB

Wapres Maruf Amin Mengunjungi Lokasi Huntara Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Wakil Presiden Maruf Amin, menyampaikan orasi ilmiah di Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh Cholil, di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Kamis (13/1/2022). [ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden]

Wapres Maruf Amin tiba menggunakan Helikopter VVIP Super Puma disambut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

SuaraJatim.id - Wakil Presiden Maruf Amin meninjau lokasi pembangunan hunian sementara (huntara) warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Jumat (14/1/2022). Persisnya berada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Seperti diberitakan Antara, Wapres Maruf Amin tiba menggunakan Helikopter VVIP Super Puma disambut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Sesuai agenda, Wapres akan berbincang langsung dengan masyarakat setempat dan meninjau lokasi pembangunan huntara.

Rencananya, akan dibangun 1.951 unit hunian sementara bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. Huntara dibangun di lahan seluas 81 hektare.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Sebut Toleransi Umat Beragama Indonesia Dikagumi Bangsa Dunia

Kekinian, sudah terdapat satu unit rumah contoh yang digunakan sebagai acuan pembangunan huntara. Selain itu, di kawasan huntara akan dibangun sejumlah fasilitas publik seperti pasar, masjid dan sarana olahraga.

Sebelumnya, Wapres Maruf memerintahkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk merumuskan pola penataan ruang di kawasan Gunung Semeru, penataan yang dimaksud  dengan mengutamakan pada aspek kebencanaan.

"Saya memerintahkan kepada Pemda dan BNPB untuk berkolaborasi dalam merumuskan peruntukan dan penataan ruang pada kawasan Gunung Semeru, dengan menitikberatkan aspek bencana," kata Wapres saat meninjau pascabencana erupsi Gunung Semeru melalui konferensi video dari Bandara Internasional Juanda Surabaya pada 16 Desember 2021.

Wapres Maruf Amin juga meminta masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana untuk direlokasi ke daerah lebih aman. 

"Bila tidak dapat dilakukan, karena ada pertimbangan tertentu, maka Pemda dengan dibantu oleh BPBD secara aktif membantu dan membentuk masyarakat tanggap bencana, serta perlu dukungan aksesibilitas dan kapasitas tempat pengungsian harus disiapkan," ujar Wapres.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Diundang Podcast Deddy Corbuzier, Ternyata Kocak Banget

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait