alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Juanda Kembali Warning Cuaca Ekstrem Puncak Musim Hujan Hingga Februari Nanti

Muhammad Taufiq Jum'at, 14 Januari 2022 | 14:05 WIB

BMKG Juanda Kembali Warning Cuaca Ekstrem Puncak Musim Hujan Hingga Februari Nanti
Ilustrasi prakiraan cuaca. [Citra Satelit BMKG]

Musim hujan akan mencapai puncaknya di dua bulan ini, Januari hingga Februari 2022. Hal ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo.

SuaraJatim.id - Musim hujan akan mencapai puncaknya di dua bulan ini, Januari hingga Februari 2022. Hal ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Oleh sebab itu BMKG meminta kepada masyarakat agar mewaspadainya. Hal ini disampaikan Koordinator Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto. Ia mengatakan, selama puncak musim ini hujan akan turun tidak mengenal waktu.

Hujan, kata dia, bisa turun pagi, siang atau malam hari. Ia melanjutkan, adanya pusat tekanan rendah yang berada di selatan Jawa Timur menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara di wilayah Jawa Timur.

"Pada saat puncak musim hujan, potensi hujan dapat terjadi pada pagi, siang atau malam hari dengan intensitas bervariasi dari ringan, sedang hingga lebat dengan durasi yang lama," ujarnya, Jumat (14/01/2022).

Baca Juga: Bakal Diguyur Hujan, Ini Prakiraan Cuaca di Jawa Tengah pada Jumat 14 Januari 2022

Selain itu, kata dia, adanya faktor suhu muka laut yang masih cukup hangat juga sangat berpengaruh dalam menyuplai massa uap air yang semakin banyak ke atmosfer.

Kondisi tersebut, lanjut dia, sangat berpengaruh dalam pembentukan awan–awan Cumulonimbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat.

Ia mengatakan, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Perlu diwaspadai menguatnya angin muson barat di bulan Januari, yang dapat memicu potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Jawa Timur, khususnya di Laut Jawa bagian Timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur," ujarnya.

Ia mengatakan, potensi banjir rob berpotensi terjadi pada tanggal 30-31 Januari 2022 di sekitar wilayah Surabaya Timur dan Pelabuhan Tanjung Perak. Hal ini diakibatkan oleh pasang maksimum air laut karena fase bulan purnama.

Baca Juga: Prakira Cuaca Kalbar, Warga Diminta Waspada Banjir, Beberapa Wilayah Sudah Tergenang

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Juanda Surabaya membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui website (http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id), media sosial (@infobmkgjuanda), dan telepon (031) 8668989," ujarnya. ANTARA

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait