facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Shalawat Jibril Penarik Rezeki Paling Kuat dari Segala Arah

Pebriansyah Ariefana Minggu, 23 Januari 2022 | 12:10 WIB

Shalawat Jibril Penarik Rezeki Paling Kuat dari Segala Arah
Ilustrasi berdoa, Kumpulan Doa untuk Orang Sakit (Freepik)

Shalawat Jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah menjadi amalan sunnah yang memiliki keutamaan besar. Bagi yang mengamalkannya, akan disayangi oleh Allah SWT.

SuaraJatim.id - Umat muslim tentu tidak asing dengan sholawat Jibril. Sholawat Jibril dikenal sebagai sholawat jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah, sehingga banyak yang mengamalkannya karena Allah menjanjikan kebahagiaan dan keberkahan hidup di dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu, berikut penjelasan lebih lanjut terkait shalawat jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah.

Sholawat Jibril adalah amalan sunah bagi umat yang beragama Islam. Amalan ini adalah amalan yang diutamakan. Sholawat terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah sholawat jibril.

Sholawat ini dikenal sebagai amalan penarik rezeki yang paling kuat. Sholawat Jibril penarik reseki paling kuat dari segala arah. dinamakan sholawat Jibril karena diucapkan pertamakalinya oleh Malaikat Jibril.

Baca Juga: Lafal dan Makna Surat Al Waqiah, Pembuka Pintu Rezeki

Sholawat ini pertama diberikan ketika Malaikat Jibril memberi pengajaran kepada Nabi Adam AS. Saat itu Nabi Adam ingin memegang Siti Hawa tetapi tidak diijinkan oleh Allah karena belum halal.

Nabi Adam AS harus membayar mahar. Kemudian Nabi Adam AS bertanya, “Apa maharnya wahai Tuhanku?” kemudian Allah berfirman, “Bacalah Shalawat kepada kekasihku Muhammad”.

Lalu Malaikat Jibril mendekat dan mengatakan “Shollallahu A’ala Muhammad”. Shalawat Jibril itulah yang pertamakali dilafalkan oleh Malaikat Jibril dan diajarkan kepada Nabi Adam AS untuk memuji Nabi Muhammad SAW.

Lafal sholawat jibril adalah:

Shollallah ‘ala Muhammad, Sholallah ‘alaihi wasalam

Baca Juga: Bacaan Doa Meminta Rezeki Agar Dikabulkan dan Diberi Kemudahan

Dijelaskan dalam kitab At-Thobaqotul Kubro bahwa “Siapa saja yang membaca sholawat ini yakni sholawat jibril, maka dia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah SWT akan menyimpan rasa cinta ke dalam hati para manusia kepadanya”.

Tentu saja banyaknya pintu rahmat untuk dirinya sendiri menjadi sesuatu yang didambakan umat muslim karena Allah memberikannya. Allah juga akan menyayanginya karena kerap melafalkan sholawat jibril penarik rezeki.

Sholawat Jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah, memiliki banyak manfaat yakni memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang. Caranya yakni dengan membaca minimal 3 kali setiap selesai sholat fardhu. Para ulama menyarankan 1000 kali setelah shalat maghrib.

Cara membacanya yakni dengan membaca basmalah terlebih dahulu 7 kali, istighfar 7 kali, dan sholawat jibril 1000x.

Beberapa ulama menyarankan membaca sholawat Jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah dengan membaca penggalan Al Ahzab ayat 56.

Surat Al Ahzab ayat 56 berbunyi "innallaha wa malaa ikatahuu yuu dulluna ‘alannabiyyi yiayyuhalladziina aamanuu shollu ‘alaihi wa sallimu tasliim."

Sholawat jibril penarik rezeki paling kuat ini juga memiliki faedah yang banyak seperti agar dicintai setiap orang, diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah, dilindungi Allah, diberikan keselamatan atau perlindungan oleh Allah, mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW, disayaingi Allah, disayangi Nabi Muhammad SAW.

Demikian penjelasan singkat terkait sholawat jibril penarik rezeki paling kuat beserta lafal dan terjemahannya. Selain itu, penjelasan di atas juga menyebutkan beberapa manfaat-manfaat membaca sholawat jibril. Bagi umat Islam yang kerap membaca sholawat jibril penarik rezeki paling kuat, hidupnya kana lebih tenang.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait