facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Amalkan Doa Ini Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 26 Januari 2022 | 08:07 WIB

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Amalkan Doa Ini Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki
Ilustrasi Berdoa, doa. [Envato Elements]

Berikut ini bacaan serta keutamaan mengamalkan bacaan dzikir pagi dan petang.

SuaraJatim.id - Bacaan dzikir pagi dan petang merupakan amalan yang bisa dilakukan setelah salat. Doa dimudahkan segala urusan dan dilancarkan rezeki bisa dilakukan dengan membaca serta mengamalkan doa pagi dan petang. Isi dari doa ini adalah harapan dan pujian kepada Allah SWT. 

Melansir dari berbagai sumber, yang diakses pada Rabu (26/1/2022), doa pagi dan petang ini memiliki 6 manfaat atau faedah bagi pembaca atau pengamalnya, diantaranya:

1. Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Orang yang senentiasa memuji kebesaran Allah SWT akan selalu terlindung dari keburukan. Dzikir ini juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

Dalam Hadist Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu disebutkan bahwa, barangsiapa yang mengucapakan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut (HR. Ahmad 2/290).

Baca Juga: Bacaan Dzikir Petang Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW Serta Keutamaannya

2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal itu tertuang dalam hadist yang berbunyi, "maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak,” yaitu, “dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. at-Tirmidzi no. 3377).

3. Berdzikir bisa membuka pintu rezeki. Ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancar dan mudah dilalui. Saat berdzikir, seorang hamba akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki.

4. Pengamal doa ini secara istiqomah akan dijanjikan masuk surga. Karena, amalan ini termasuk yang disukai Allah SWT. Berdzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapapun yang berdzikir setiap harinya, akan dijanjikan surga oleh Allah SWT.

5. Berdzikir merupakan alam yang disukai Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah melewatkan dzikirnya setiap hari. Inilah mengapa dzikir menjadi salah satu sunnah rasul yang dianjurkan oleh umat muslim.

6. Berdzikir bisa membuat umat muslim merasa tenang hatinya. Saat berada di dekat Allah SWT, hati akan selalu merasa tenang. Ini sesuai dengan ayat Al-Qur’an yang berbunyi, “…. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah–lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Baca Juga: LENGKAP Panduan Doa Zikir Setelah Sholat

Adapun dari bacaan doa pagi dan petang tersebut adalah sebagai berikut:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait