facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiap Tahun Sudah Diperbaiki, Tapi Saban Musim Hujan Banjir Akibat Luapan Kali Lamong Terus Tak Terbendung

Muhammad Taufiq Jum'at, 11 Februari 2022 | 18:47 WIB

Tiap Tahun Sudah Diperbaiki, Tapi Saban Musim Hujan Banjir Akibat Luapan Kali Lamong Terus Tak Terbendung
Banjir di Gresik akibat luapan Kali Lamong [SuaraJatim/Amin Alamsyah]

Saban musim hujan tiba, warga di dekat sepanjang Kali Lamong selalu ketar-ketir, terutama warga Gresik Jawa Timur. Sebab ketika hujan tinggi, sudah pasti air sungai meluap.

SuaraJatim.id - Saban musim hujan tiba, warga di dekat sepanjang Kali Lamong selalu ketar-ketir, terutama warga Gresik Jawa Timur. Sebab ketika hujan tinggi, sudah pasti air sungai meluap.

Luapan sungai kemudian menerjang permukiman warga sekitarnya. Kondisi seperti ini sudah menjadi musibah tahunan bagi mereka. Tak terkecuali tahun ini, dimana sekitar 200 rumah warga di Desa Munggugianti kembali terendam banjir.

Terkait dengan itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) didampingi sejumlah pejabat meninjau ke lokasi banjir untuk memastikan kondisi warga terdampak dalam kondisi aman dan sehat.

"Saya ingin melihat langsung dan memastikan warga yang terdampak tidak ada yang sakit. Kemudian posko siaga banjir juga telah kami siapkan melalui Dinas Sosial dan BPBD yang kita pusatkan di Balai Desa Munggugianti," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Jumat (11/02/2022).

Baca Juga: Tim Ahli Sebut Jembatan Kacangan Gresik Patah dan Roboh Disebabkan Longsor

Mantan Ketua DPRD Gresik itu mengatakan, banjir yang melanda wilayah Gresik yang dilalui aliran Kali Lamong memang selalu terjadi setiap tahun.

Namun, pihaknya terus membantu mengerahkan segala upaya yang bisa dilakukan untuk menangani banjir tahunan ini. Termasuk diantaranya adalah melakukan upaya normalisasi yang sudah dilakukan di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme dan sekitarnya.

"Komdisi seperti saat ini selalu terjadi setiap tahun. Namun, kita terus mencari solusi-solusi terbaik. Normalisasi di Desa Morowudi misalnya, sudah kita lakukan. Sebab, normalisasi juga berdampak sangat penting ketika curah hujan cukup tinggi," ungkap Gus Yani.

Kedepan lanjut dia, pihaknya juga akan segera melakukan perbaikan pada saluran air dengan menggunakan box culvert.

"Secepatnya kita perbaiki saluran air dengan menggunakan box culvert. Kita mulai dari depan kantor PLN, kantor Kecamatan Benjeng, Kantor Koramil, Pasar benjeng hingga ke Puskesmas Benjeng dan sekitarnya," paparnya.

Baca Juga: Banjir Akibat Luapan Kali Lamong Ini Dirasakan Warga di Gresik dan Mojokerto

Dirinya berharap bencana banjir yang melanda setiap tahun ini dapat segera teratasi sehingga masyarakat tidak waswas saat musim hujan tiba.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait