facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Para Pedagang Prediksi Harga Daging Sapi di Jatim Bisa Tembus Rp 130 ribu/Kilogram Sepekan Nanti

Muhammad Taufiq Kamis, 28 April 2022 | 20:05 WIB

Para Pedagang Prediksi Harga Daging Sapi di Jatim Bisa Tembus Rp 130 ribu/Kilogram Sepekan Nanti
Ilustrasi daging merah (pixabay) / tomwieden.

Prediksi kenaikan harga daging sapi ini disampaikan Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPDS) Jawa Timur. Menurut mereka, dalam sepekan harganya bisa tembus Rp 130 ribu.

SuaraJatim.id - Prediksi kenaikan harga daging sapi ini disampaikan Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPDS) Jawa Timur. Menurut mereka, dalam sepekan ke depan hargannya bisa tembus Rp 130 ribu/kilogram.

Seperti disampaikan Ketua PPDS Jatim, Muthowif, dimana saat ini harga yang dijual di sejumlah pasar tradisional sudah mencapai sekitar Rp120 hingga 125 ribu/kilogram, dari harga awalnya sebesar Rp110.000/kilogram

"Memang beberapa hari terakhir harga daging sapi di pasar tradisional di Surabaya sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bahkan di luar kebiasaan selama ini," katanya.

Biasanya, kata dia, kenaikan harga daging sapi saat Lebaran mulai terjadi pada H-3, namun saat ini pada H-7 sudah naik.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Agam Melambung Jelang Idul Fitri, Tembus Rp 160 Ribu per Kilogram

"Kami prediksi kemungkinan harganya akan naik lagi menjadi Rp130.000/kg, karena saat ini harga sapi siap potong di Jatim juga meningkat dampak kenaikan harga di rumah potong hewan (RPH) sekitar Rp10.000-Rp15.000/kg," katanya.

Ia menduga kenaikan harga daging sapi akibat sapi siap potong dibawa keluar Jatim tanpa dokumen resmi, sehingga mempengaruhi pasokan dan harga. "Pemerintah perlu memperhatikan kondisi pasokan sapi siap potong, dengan kebijakan memilah sapi produktif dan tidak produktif, " katanya.

Ia meminta, jika ada sapi betina produktif perlu ada pelarangan pemotongan, serta perlu ada kepastian jaminan sertifikat halal yang dimiliki RPH.

"Saya khawatir jika harga daging terbentuk di bulan puasa ini akan menjadi harga seterusnya jika pasokan sapi siap potong ini berkurang,” katanya.

Sebelumnya, harga daging sapi di sejumlah pasar di Kabupaten Gresik juga mengalami kenaikan menjelang Lebaran 2022, dari Rp102 ribu menjadi Rp110 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga: Harga Daging Sapi Melejit Jadi Rp 140 Ribu per Kilogram pada H-5 Lebaran, Pedagang: Kenaikan Tertinggi Diprediksi H-3

Sima, salah satu pedagang di Pasar Baru Gresik, mengatakan kenaikan itu dipicu tingginya permintaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait