facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Balik Logika Ketum PBNU yang Tegaskan NU Bukan Alat Politik, Waketum PKB: PKB Lah Alat Politik NU...

Muhammad Taufiq Selasa, 24 Mei 2022 | 20:48 WIB

Balik Logika Ketum PBNU yang Tegaskan NU Bukan Alat Politik, Waketum PKB: PKB Lah Alat Politik NU...
Wakil Ketua MPR RI Sekaligus Waketum PKB Jazilul Fawaid. [Suara.com/Bagaskara]

Dalam sejarahnya, suara Nahdliyin--sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU)--selalu menjadi rebutan partai politik dalam setiap kontestasi pemilu di negeri ini.

SuaraJatim.id - Dalam sejarahnya, suara Nahdliyin--sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU)--selalu menjadi rebutan partai politik dalam setiap kontestasi pemilu di negeri ini.

Oleh sebab itu, Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan kalau NU tidak boleh dijadikan sebagai alat politik menjelang Pemilu 2024 nanti. Hal ini berulang kali ditegaskan Gus Yahya, salah satunya usai menjabat sebagai Ketum PBNU beberapa waktu silam.

Merespons pernyataan Gus Yahya itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid memberi tanggapan dengan membalik logika tersebut. Meskipun, Ia membenarkan kalau NU bukan alat politik.

"Tentu kami setuju karena memang NU bukan alat politik, tapi PKB lah alat politik NU. Jadi apa yang disampaikan beliau (Gus Yahya) itu adalah untuk partai-partai yang lain, bukan PKB," ujarnya menjawab pertanyaan wartawan di Komplek DPR, Selasa (24/05/2022).

Baca Juga: Petinggi PKB Tanggapi Permintaan Gus Yahya soal Tak Eksploitasi Nahdlatul Ulama demi Kepentingan Politik Identitas

"Karena PKB dengan NU itu ibarat dua sisi mata uang yang tidak akan bisa dipisahkan,” ujar Jazil menegaskan, seperti dikutip dari suara.com.

Jazil menambahkan, PKB adalah parpol yang dilahirkan oleh NU untuk kepentingan bangsa.

"Dan alhamdulillah akhirnya PKB menjadi satu-satunya partai politik yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah yang ada di parlemen. Parpol yang menjalan misi jalan politik rahmatan lil alamin ya PKB," ungkapnya.

Ia menambahkan, jika PKB kini menjadi partai politik berbasis Islam terbesar di Indonesia berkat platform yang dimiliki PKB, yaitu platform Islam ahlussunnah dan platform Islam Nusantara.

Masih menurut Jazilul, saat ini PKB menjadi kekuatan politik yang mewadahi dan menjadi saluran aspirasi politik warga Nahdliyin.

Baca Juga: Muhaimin Mau Nyapres, Modalnya 13 Juta Pemilih PKB: Saya Kira Itu Partai Islam Terbesar di Indonesia

"Saya ini lahir dari NU, enggak bakalan bisa dipisahkan dari NU meskipun saya PKB. Tapi kalau ada orang yang bilang Golkar itu NU, enggak mungkin, dari mana sejarahnya?" katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait