facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Para Pencuri Buku di Tuban, Kini Terancam 5 Tahun Penjara

Muhammad Taufiq Kamis, 23 Juni 2022 | 18:51 WIB

Cerita Para Pencuri Buku di Tuban, Kini Terancam 5 Tahun Penjara
Para pencuri buku di Tuban Jawa Timur [Foto: BlokTuban]

Kasus pencurian buku terjadi di Tuban Jawa Timur ( Jatim ). Kasus ini membetot perhatian publik Tuban beberapa waktu terakhir ini.

SuaraJatim.id - Kasus pencurian buku terjadi di Tuban Jawa Timur ( Jatim ). Kasus ini membetot perhatian publik Tuban beberapa waktu terakhir ini.

Keempat pencuri buku di toko Pustaka 2000 Tuban itu pun terancam lima tahun penjara. Mereka mencuri buku di toko Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Kebonsari, Tuban pada Kamis (16/6/2022) sekira pukul 15.20 Wib.

Mereka dijerat Pasal 363 AYAT 1 KE 4E KUHP dengan perkara pencurian dengan pemberatan berupa buku cerita di Kabupaten Tuban. Berdasarkan laporan LP-B/ /VI/2022/SPKT POLRES TUBAN /POLDA JATIM, tanggal 16 Juni 2022.

Berdasarkan keterangan Polres Tuban, pencuri buku itu yakni; Totok Hardiyanto (58) alamat Jl Anglingdarmo II Nomor 6 Rt 3, Rw 3 Dusun Penumping Kelurahan Penumping Kecamatan Laweyan Kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

Kemudian Giyanto Hadi (65) beralamat Komplek Jati unggul Blok B 13/05 Rt 09/ Rw 014 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Baca Juga: Ada Unsur Kelalaian Polisi dalam Kronologis Tertembaknya Balita 3 Tahun Putra Buya Arrazy Hasyim di Tuban

Berikutnya Aliyansyah (47) alamat Jl Ks Tubun GG Sekeluarga II No 27 Rt 01 Rw 01 Kelurahan Pekauman, Kecamatan Banjarmasin, dan Andi Krisdian (49) beralamat Jl P Maluku 5 No.303 Rt 7, Rw 7 Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Kapolres Tuban AKBP Darman, modus mereka dengan mencari toko buku yang besar di daerah yang di lewati atau di singgahi lalu dijadikan sasaran pencurian.

"Mereka berpura pura membeli buku tapi bila penjaga toko ataiu pelayan toko lengah buku buku yang diu curi tersebut di masukan di dalam tas yang di bawa oleh para pelaku," ujarnya dikutip dari bloktuban.com jejaring media suara.com, Kamis (23/06/2022).

Saat mereka beraksi di toko Pustaka 2000, lanjut Kapolres ada 55 buku dengan berbagai judul hilang. Pelaku mengendari mobil Toyota Avanza warna silver yang diparkir di Jl. AKBP Suroko untuk memudahkan kabur.

Pencuri nyaris kabur ke wilayah Lamongan, akan tetapi sekitar pukul 16.00 Wib mobil yang dikendari pelaku berhasil dihadang dan dihentikan oleh petugas lalu lintas.

Baca Juga: Putra Buya Arrazy Hasyim Tertembak Pistol Polisi hingga Riuh PN Surabaya Sahkan Nikah Beda Agama

"Toko Pustaka 2000 Tuban diduga mengalami kerugia materi sebesar Rp 2.668.500," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait