Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Situs Pertirtaan Sumberbeji Jombang Diusulkan Jadi Cagar Budaya Peringkat Nasional

Muhammad Taufiq Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:38 WIB

Situs Pertirtaan Sumberbeji Jombang Diusulkan Jadi Cagar Budaya Peringkat Nasional
Petirtaan Sumberbeji Jombang Jawa Timur [Foto: Suaraindonesia]

Situs petirtaan Sumberbeji di Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur ( Jatim ) diusulkan menjadi cagar budaya tingkat nasional.

SuaraJatim.id - Situs petirtaan Sumberbeji di Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur ( Jatim ) diusulkan menjadi cagar budaya tingkat nasional.

Kemarin Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya ( BPCB ) Jatim Didampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang telah memantau situs tersebut.

Beberapa hari yang lalu, tim Arkeolog TACBN melakukan peninjauan untuk melihat kondisi sesungguhnya sebagai syarat penilaian di situs tersebut yang masih membutuhkan kelengkapan data.

"Jadi peninjauan ini kita lakukan menindaklanjuti usulan Petirtaan Sumberbeji menjadi cagar budaya tingkat nasional," ujar Arkeolog TACB Nasional Surya Helmi, seperti dikutip dari suaraindonesia.co.id jejaring media suara.com, Sabtu (13/8/2022) lalu.

Baca Juga: Penyelidikan Kasus Persalinan di RSUD Jombang Tetap Berlanjut Meski Pasien Cabut Laporan

Dijelaskannya, dalam peninjauan tersebut pihaknya melakukan beberapa klarifikasi terkait dokumen yang diusulkan mengenai Situs Sumberbeji. Baik luasan area situs, struktur bangunan dan temuan sejumlah obyek diduga cagar budaya di Sumberbeji.

"Kita juga tinjau apa keistimewaannya Sumberbeji dibandingkan situs situs lain. Saat ini sedang kita pelajari lebih lanjut," terangnya.

Secara Umum, Surya menyebut ada beberapa keistimewaan Situs Sumberbeji dibandingkan situs lainnya. Misalnya, ditemukannya Arca Garuda dan saluran air di dalam situs. Menurutnya, dua hal itu tidak ada di situs lain.

"Ini hal yang menarik untuk sebuah situs. Jadi nenek moyang kita zaman dulu sudah mendesaian jalur jalur air yang tentu ada fungsinya," jelas dia.

Menurutnya, situs Sumberbeji sama dengan Situs Jolotundo di Kabupaten Mojokerto yang sama-sama dilakukan penilaian untuk cagar budaya peringkat nasional. Hanya saja, dari sidang bersama tim arkeolog TACB nasional, situs Jolotundo belum memenuhi syarat.

Baca Juga: Mas Bechi Hadiri Sidang di PN Surabaya: Alhamdulillah Sehat

"Karena lingkungan disekitarnya sudah rusak dan pembangunan disekitar Situs Jolotundo tidak terkendali sehingga kita tangguhkan dulu," jelas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait