Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Langkah Awal Pemeriksaan Ini Bisa Kalian Lakukan Sendiri Saat Beli Mobil Bekas

Muhammad Taufiq Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Langkah Awal Pemeriksaan Ini Bisa Kalian Lakukan Sendiri Saat Beli Mobil Bekas
Ilustrasi mobil bekas (Shutterstock).

Mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi para pecinta otomotif bila ingin memiliki jenis mobil tertentu. Meskipun begitu, membeli mobil bekas tetap harus berhati-hati.

SuaraJatim.id - Mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi para pecinta otomotif bila ingin memiliki jenis mobil tertentu. Meskipun begitu, membeli mobil bekas tetap harus berhati-hati.

Oleh sebab itu butuh ketelitian dan pemahaman mendalam tentang mesin saat membeli mobil second ini. Biasanya, menggunakan jasa mekanik dipilih oleh orang-orang saat membeli mobil bekas ini.

Namun, memeriksa kendaraan yang hendak dibeli memang tidak mudah, terlebih ketika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, sementara untuk meng-hire mekanik juga perlu biaya.

Oleh sebab itu PR & Content Manager OLX Autos Indonesia Nur Rahmah Sari mengatakan ada beberapa proses inspeksi yang bisa dilakukan oleh seseorang sebelum memutuskan membeli mobil tertentu.

Baca Juga: OLX Autos Buka Layanan Jual Beli Mobil Bekas di GIIAS 2022

"Banyak yang beranggapan bahwa mengecek kondisi mobil merupakan hal yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh para ahli. Meskipun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah," kata Nur Rahmah, Kamis (18/08/2022).

Menurut dia, untuk memeriksa kondisi kendaraan bisa dimulai dengan yang dasar serta mengikuti beberapa langkah yang bisa dilakukan meski tidak familiar dengan dunia otomotif.

"Memeriksa kendaraan yang paling awal adalah harus memeriksa bagian luar, tampilan dari sebuah kendaraan memang yang paling terlihat," ucap dia.

Secara keseluruhan setidaknya ada 17 langkah yang harus dilakukan untuk memastikan kondisi sebuah kendaraan masih dibilang baik atau masih layak untuk dibeli dengan harga mungkin sudah sesuai yang dikehendaki.

Pemeriksaan bagian luar diperuntukkan untuk melihat kondisi bodi mobil seperti baret atau penyok. Periksa dan pastikan semua bagian eksterior mobil seperti bumper, spoiler, dan lainnya sudah terpasang dengan baik dan tidak longgar. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Harga 70 Jutaan, Cocok Buat yang Sudah Berkeluarga

Setelah melihat secara detail bagian luar mobil, calon pembeli juga disarankan untuk memeriksakan bagian pencahayaan yang juga sangat penting baik pencahayaan depan maupun belakang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait