Studi Terbaru, Kalau Ingin Panjang Umur Minumlah Kopi 2 hingga 3 Cangkir Sehari

Sebuah studi sejumlah peneliti di Australia baru-baru ini mengungkap manfaat ngopi bagi manusia. Ternyata, ngopi dua sampai tiga kali sehari bisa bikin hidup lebih lama.

Muhammad Taufiq
Kamis, 29 September 2022 | 10:31 WIB
Studi Terbaru, Kalau Ingin Panjang Umur Minumlah Kopi 2 hingga 3 Cangkir Sehari
Ilustrasi minum kopi (VOA Indonesia)

SuaraJatim.id - Sebuah studi sejumlah peneliti di Australia baru-baru ini mengungkap manfaat ngopi bagi manusia. Ternyata, ngopi dua sampai tiga kali sehari bisa bikin hidup lebih lama alias berumur panjang.

Dikutip dari laman Insider, para peneliti itu menganalisis data dari 450.000 orang di Biobank Inggris. Tidak tanggung-tanggung, pengamatan ini dilakukan selama sekitar 12,5 tahun.

Mereka menemukan, peminum kopi bubuk 27 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

Peminum kopi instan dan tanpa kafein juga memiliki kemungkinan kematian dini 11 persen dan 14 persen lebih rendah.

Baca Juga:Bisa Bikin Mata Segar, Minum Kopi Dua hingga Tiga Cangkir Sehari Ternyata Juga Bisa Bikin Panjang Umur

Menurut studi itu juga mengungkap bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi, apa pun jenisnya, juga lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular.

Sementara peminum kopi berkafein memiliki kemungkinan sedikit lebih rendah terkena aritmia atau detak jantung tidak teratur.

"Temuan kami menunjukkan minum kopi dalam jumlah cukup dapat dinikmati sebagai perilaku yang menyehatkan jantung," kata penulis utama studi Peter Kistler, dari Baker Heart and Diabetes Research Institute di Australia.

Banyak penelitian menemukan kopi baik untuk orang-orang. Sebuah makalah dalam The Journal of Nutrition tahun lalu menemukan orang Italia yang minum tiga hingga empat cangkir espresso setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena semua penyebab kematian dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Manfaat kesehatan mungkin tetap ada bahkan setelah menambahkan sedikit gula. Orang di Inggris yang minum kopi tanpa pemanis hingga kopi yang sedikit manis memiliki kemungkinan 31 persen lebih kecil untuk meninggal (karena penyakit) dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak minum kopi.

Baca Juga:Minum Dua atau Tiga Cangkir Kopi Sehari Bisa Buat Panjang Umur, Kok Bisa?

Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang melacak 171.000 orang selama tujuh tahun.

News

Terkini

Bupati Bangkalan Madura Abdul Latif Imron atau Ra Latif. Sebutan "Ra" ini merupakan panggilan non-formal untu "Lora".

News | 12:48 WIB

Setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus jual beli jabatan pada 1 November 2022 lalu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron akhirnya digelandang Komisi Pemberantasan Korupsi (K

News | 12:25 WIB

Seorang bule asal Tunisia diduga hendak melakukan percobaan bunuh diri di Jembatan Suramadu, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022).

News | 12:12 WIB

Masyarakat Tanah Air kembali digegerkan dengan aksi terduga teroris. Kali ini, bom bunuh diri itu terjadi di Polsek Atanaayar, Bandung, Jawa Barat. Dua orang yang meninggal.

News | 12:05 WIB

Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, memutuskan Pembebasan Bersyarat (PB) pada narapidana teroris, Hisyam bin Alizein Alias Umar Patek.

News | 21:13 WIB

Tim relawan BRI juga telah membantu proses evakuasi warga yang terisolir akibat rerentuhan pasca gempa.

News | 20:48 WIB

Sebab restrukturisasi kredit BRI sudah melandai.

News | 19:00 WIB

Bom bunuh diri kembali terjadi negeri ini. Kali ini sasarannya Polsek Astana Anyar Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (07/12/2022).

News | 17:58 WIB

Petinggi Sunda Empire, Lor Rangga atau Ki Rangga Sasana meninggal dunia pagi tadi. Ia meninggal dunia setelah masuk rumah sakit semalam, Selasa (06/12/2022).

News | 10:58 WIB

Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Timur ( Jatim ) kemarin malam, Selasa (06/12/2022). Salah satu wilayah yang diguyur hujan lebat ini Kabupaten Jombang.

News | 10:34 WIB

Warga Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang Madura digegerkan dengan pengeboran sumur warga menyemburkan api.

News | 09:33 WIB

Hingga saat ini, setidaknya BRI telah menyalurkan bantuan makanan cepat saji dengan menyalurkan bantuan lebih dari 5.000 makanan siap santap (nasi bungkus).

News | 17:00 WIB

Pemerintah Kota Surabaya mendapat peringkat A (sangat baik) dari KemenpanRB untuk penilaian Indeks Reformasi Birokrasi.

News | 15:46 WIB

Gempa bumi berkekuatan 6.2 dilaporkan mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur ( Jatim ), Selasa (06/12/2022) sekitar pukul 13.07 WIB.

News | 13:31 WIB

Beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik seorang penjaga perlintasan kereta api (KA) yang ada di Desa Sumlaran, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur.

News | 12:30 WIB
Tampilkan lebih banyak