Gempa Bumi Berkekuatan 6.2 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan 6.2 dilaporkan mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur ( Jatim ), Selasa (06/12/2022) sekitar pukul 13.07 WIB.

Muhammad Taufiq
Selasa, 06 Desember 2022 | 13:31 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 6.2 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi di Jember [Foto: Tangkapan layar BMKG]

SuaraJatim.id - Gempa bumi berkekuatan 6.2 dilaporkan mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur ( Jatim ), Selasa (06/12/2022) sekitar pukul 13.07 WIB.

Seperti diperingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa di 284 kilometer Barat Daya Jember.

Belum ada laporan resmi dampak dari gempa bumi tersebut. Namun BMKG memperingatkan warga agar mengantisipasi gempa susulan paska gempa pertama ini. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,"

Untuk detailnya, lokasi gempa berada di 10.75 Lintang Selatan dan 113.42 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 284km Barat Daya Jember, di kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga:BREAKING NEWS: GEMPA Baru Saja Terjadi di Jember Jawa Timur Cukup Dahsyat, Waspada BMKG Bilang Begini

BMKG mengabarkan, meskipun pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilo meter, namaun gempa bumi ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Guncangan gempa bumi ini terasa sampai sejumlah daerah. Misalnya Lumajang, Malang lalu Ponoroho. Di Lumajang misalnya, guncangan dirasakan oleh warga di Posko Pengungsian di SDN 4 Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Sejumlah petugas relawan bencana letusan Gunung Semeru bersama Anggota Polri tersebut bahkan sampai berlari dari dalam ruangan menuju Jalan Raya Supiturang.

"Ada gempa, ada gempa, terasa guncangannya," ucap salah satu relawan bencana Semeru, seperti dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Selasa (06/12/2022).

Warga Supiturang yang berada di dalam rumah pun berlarian keluar. "Saya sedang Solat tadi pas gempa, cukup besar guncangannya," kata Muhammad (57), warga Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Baca Juga:Tol Probowangi Antitesis Pemerintah untuk Solusi Macet di Wilayah Tapal Kuda

Muhammad pun langsung keluar rumah dan berlari di pinggir jalan. "Pas terasa gempa, saya langsung keluar. Setelah erupsi Semeru kemarin baru hari ini terasa gempa terasa kuat guncangannya," katanya.

Guncangan juga terasa di Ponorogo. Sekitar pukul 13.00 WIB orang-orang di Mapolres Ponorogo berhamburan keluar dari ruangan menuju tempat terbuka. Mereka merasakan getaran gempa bumi yang berlangsung kurang lebih 6 detik tersebut.

"Iya tadi merasakan saat duduk kok rasanya bergerak, teman juga merasakan hal yang sama. Akhirnya keluar ruangan," kata Triwahyudi yang saat gempa bumi berada di lobby Anantahira Polres Ponorogo.

"Tadi langsung cari-cari di internet, pusat gempa terjadi di barat daya Jember. Informasi BMKG tidak menimbulkan tsunami," kata warga Ponorogo.

Yudi panggilan karib Triwahyudi bersyukur gempa bumi yang kerasa sampai Kabupaten Ponorogo tidak terlalu kencang. Dia yakin untuk bumi reog tidak terdampak kerusakan. Yudi berharap, daerah yang berada di sekitaran pusat gempa, tidak terjadi kerusakan maupun korban jiwa.

"Berdoa semoga gempa bumi yeng terjadi tadi, tidak berdampak kerusakan ataupun korban jiwa yang berada di dekat pusat gempa," katanya menambahkan.

Sementara itu, di media sosial warganet Malang pun ramai berkicau soal gempa. "Terasa di kota Malang, semoga aman," kicau akun Twitter joen.

"Gempanya sampe malang kak," kata novel.

"Sumbernya di Jember katanya. Tapi di Malang kerasa," tulis ijan.

"gue di Malang selatan kerasa banget," kata slibaw.

News

Terkini

Isu penculikan anak dalam beberapa hari terakhir meneror para orangtua di sejumlah daerah di Jawa Timur ( Jatim ). Informasi beredar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosia

News | 09:45 WIB

Beredar video yang memperlihatkan seorang pemuda mengendarai motor dengan gaya tak biasa. Pemuda itu mengendarai motor sambil tiduran di jok.

News | 09:11 WIB

Sejak usia 4 bulan, balita bernama Assyifa Aulia Susanti berjuang tanpa anus. Orang tua balita 3 tahun itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena ekonomi terbilang lemah.

News | 09:06 WIB

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB
Tampilkan lebih banyak