Dorong Partisipasi, KPU Kota Blitar Gelar Lomba Swafoto

Chandra Iswinarno
Dorong Partisipasi, KPU Kota Blitar Gelar Lomba Swafoto
Proses distribusi bilik suara dari KPU Kota Blitar ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap-tiap Kelurahan di Kota Blitar, Jawa Timur. [Suara.com/Agus H]

KPU Kota Blitar Jawa Timur menargetkan tingkat partisipasi publik hingga 80 persen pada Pemilu 2019.

Suara.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur selenggarakan lomba swafoto (selfie) di tempat pemungutan suara (TPS) sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardani, mengatakan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan lomba swafoto di TPS pada hari pemungutan suara 17 April mendatang.

"Lomba ini untuk mendorong tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 yang tinggal dua hari lagi. Target kami tingkat partisipasi bisa mencapai 80 persen" ujar Wardani, Senin (15/4/2019).

Wardani mengatakan tingkat partisipasi warga Kota Blitar pada Pemilu 2014 adalah 78 persen. Pihaknya yakin target 80 persen akan tercapai pada Pemilu 2019 ini.

"Kami sediakan total hadiah Rp 12 juta untuk tiga pemenang," jelasnya.

Bagi masyarakat Kota Blitar yang berniat mengikuti lomba tersebut, jelasnya, diminta untuk berswafoto usai memberikan suara di TPS masing-masing dengan menunjukkan bukti telah memberikan suara.

Peserta harus mengunggah hasil swafoto ke akun Facebook dan atau akun Instagram masing-masing dengan menandai (tag) akun Facebook dan Instagram milik KPU Kota Blitar.

Penentuan pemenang, lanjutnya, ditentukan berdasarkan jumlah "like" yang diperoleh hingga batas waktu yang ditentukan pihak KPU Kota Blitar.

"Sampai tanggal 18 April pukul 24.00 Wib kami akan lakukan penghitungan," ujarnya.

Wardani mengatakan, ada beberapa ketentuan lomba yang harus diikuti peserta, antara lain, swafoto tidak boleh dilakukan di dalam bilik suara (TPS).

Kontributor : Agus H

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS