Usai Rekapitulasi, Kapolda Jatim: Kami dan TNI Tetap Jaga Kantor KPU

Agung Sandy Lesmana
Usai Rekapitulasi, Kapolda Jatim: Kami dan TNI Tetap Jaga Kantor KPU
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat meninjau rekapitulasi suara di Jatim. (Suara.com/Ali).

"Meski penghitungan selesai, kami tetap menyiagakan anggota dibantu kawan-kawan dari TNI untuk melakukan penjagaan di kantor KPU," tegasnya.

Suara.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI-Polri yang sudah melakukan pengamanan "Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Suara Pemilu 2019 oleh KPU Jatim" yang relatif aman dan lancar.

Dari awal rekapitulasi KPU Jatim yang dilaksanakan di Singgasana Hotel Surabaya hingga selesai, tidak ada kendala yang berarti. Selama 24 jam penuh, petugas TNI-Polri mengamankan jalannya rekapitulasi.

"Terimakasih pada anggota TNI POLRI yang bertugas mengamankan jalannya penghitungan. Juga kepada Ulama di Jawa Timur, saya ucapkan terima kasih karena telah membantu dengan doa sehingga pelaksanaan pemilu di Jatim berjalan aman damai dan lancar," ujar Luki, Sabtu (11/5/2019).

Lebih lanjut Luki menegaskan, meski rekapitulasi sudah usai, namun personel keamanan Polri dibantu TNI tetap disiagakan di kantor-kantor KPU hingga dinyatakan selesai semua.

"Meski penghitungan selesai, kami tetap menyiagakan anggota dibantu kawan-kawan dari TNI untuk melakukan penjagaan di kantor KPU," tegasnya.

Ditanya apakah penjagaan di kantor-kantor KPU untuk mengantisipasi gerakan People Power? Kapolda bintang dua itu menegaskan di Jatim terpantau aman dari gerakan tersebut.

"Terkait ada rencana kegiatan massa (people power) Alhamdulillah di Jatim tidak ada. Untuk itu kedepadan masih terus dilakukan patroli bersama TNI-POLRI untuk menciptajan rasa aman di masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, rekapitulasi KPU Jatim telah rampung hari ini Sabtu (11/5/2019). Hasilnya, Jokowi - Maruf Amin unggul di 32 kabupaten/kota. Perolehan suara paslon nomor urut 01 itu sebanyak 16.231.668 suara atau 65,79 persen dari total suara sah 24.672.915. Sedangkan, total suara tidak sah di Jatim mencapai 838.326 suara.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di enam kabupaten di Jatim. Yakni, Pacitan, Situbondo, Bondowoso, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Total perolehan suara sebanyak 8.441.247 suara atau 34,21 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS