Rumah Makan Klasik Ini Jadi Favorit Ani Yudhoyono di Surabaya

Liberty Jemadu
Rumah Makan Klasik Ini Jadi Favorit Ani Yudhoyono di Surabaya
Rumah makan bergaya klasik, Ria Galeria di Jalan Bangka No. 2-4 depan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, merupakan salah satu restoran favorit Ani Yudhoyono di Surabaya. [Suara.com/Rahmad Ali]

Makanan kesukaan Ani Yudhoyono, kata Asmiana, adalah Tumis Lurjuk.

Suara.com - Rumah makan bergaya klasik, Ria Galeria di Jalan Bangka No. 2-4 depan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tepatnya di seberang Hotel Santika Premier menjadi salah satu tempat makan favorit mendiang Ani Yudhoyono.

Tumis Lurjuk adalah makanan kesukaan Ani Yudhoyono di Restoran Ria Galeria Surabaya. [Suara.com/Rahmad Ali]
Tumis Lurjuk adalah makanan kesukaan Ani Yudhoyono di Restoran Ria Galeria Surabaya. [Suara.com/Rahmad Ali]

Jika berkunjung ke Surabaya, ia kerap mengajak keluarganya menikmati masakan Indonesia khususnya olahan khas Jawa Timur di restoran tersebut.

Asmiana, Kasir Ria Galeria pada Suara.com bercerita, selama Ani Yudhoyono masih berstatus sebagai Ibu Negara, sudah dua kali datang langsung ke rumah makan tersebut.

"Seingat saya dua kali ke sini sama Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Itu waktu masih jadi Ibu Negara. Setelah jadi mantan Ibu Negara, seingat saya satu kali bareng sekeluarga termasuk Mas Eddie Baskoro (Ibas)," katanya, Sabtu (1/6/2019).

Makanan favorit Ani Yudhoyono, kata Asmiana, adalah Tumis Lurjuk. Menu yang disajikan dari bahan olahan berupa kerang bambu sebagai bahan utama yang ditumis menggunakan campuran antara lain kecap, bawang merah, dan cabai.

"Tumis Lurjuk makanan favoritnya. Kalau makan di sini itu menu wajib. Kadang kalau enggak mampir, tapi kebetulan di Bandara Juanda, Bu Ani pasti makanannya catering dari sini. Pesannya pasti Tumis Lurjuk," terangnya.

Diceritakan Asmiana, Ria Galeria yang berdiri sejak tahun 1985 tadinya ada di Jalan Kombes Pol M Duriat tetapi tahun 1997 pindah ke Jalan Bangka.

"Tahun 1985 di Jalan Kombes Pol M Duriat terus tahun 1997 pindah ke Jalan Bangka. Tetapi menu dan citarasanya tidak berubah," ujarnya.

Untuk SBY sendiri, tambah Asmiana, biasanya meminta untuk dimasakan menu khusus yang tak ada di daftar buku menu Ria Galeria.

"Biasanya Pak SBY minta dibuatkan Lodeh Pee, isinya ikan pari yang dikasih santen sama tahu dan tempe, itu menu wajib kalau ke sini," jelasnya.

Selain SBY, menu makanan di Ria Galeria ternyata juga digemari Presiden RI lainnya, termasuk Gus Dur (Abdurrahaman Wahid).

"Gus Dur sampai Pak Jokowi juga pernah makan makanan kami. Kalau Pak Jokowi belum pernah kesini sih, cuma catering aja," pungkasnya.

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS