Kades Kesamben Ingin Tempat Temuan Arca Jaladwara Jadi Wisata Reliji

Chandra Iswinarno
Kades Kesamben Ingin Tempat Temuan Arca Jaladwara Jadi Wisata Reliji
Beberapa arca yang ditemukan di Sendang Sumberaji Desa Sumberaji Kecamatan Kesamben Jombang Jawa Timur. [Suara.com/Arry Saputra]

Pembuatan tempat wisata juga sebagai bentuk pengenalan Desa Sumberbeji kepada masyarakat luas.

Suara.com - Penemuan Arca Jaladwara berbentuk Garuda di Sendang Sumberbeji, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang diduga berasal dari peninggalan masa Majapahit.

Dari temuan itu, Kepala Desa Kesamben WS Yudha (53) berencana menjadikan tempat yang diduga menyerupai petirtaan atau dikenal dengan Sendang Sumberbeji yang di dalamnya terdapat arca-arca sebagai tempat wisata.

"Saya berkeinginan untuk menjadikan ini sebagai tempat wisata. Yang awalnya kita sebagai pelestarian, 'ini lho rekonstruksinya nenek moyang kita.' Kita jadikan museum juga kalau bisa," kata Yudha saat ditemui di lokasi penemuan arca, Rabu (18/9/2019).

Ia berharap dan meminta doa supaya mendapatkan dana untuk bisa mewujudkan keinginannya. Ia menyebut jika pembuatan tempat wisata juga sebagai bentuk pengenalan Desa Sumberbeji kepada masyarakat luas.

"Kalau ada dana nanti mudah-mudahan saya minta doanya. Yang sebelah juga kita adakan jadi Ada dua, rekreasi religi dan rekreasi biasa.

Hingga kini, tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur masih melakukan ekskavasi dari penemuan arca ini. Lumpur dan air yang menimbin serta menutupi arca-arca tersebut akan dikuras untuk memperlihatkan secara keseluruhan bentuknya.

Diberitakan sebelumnya, Warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang digegerkan dengan penemuan arca Jaladwara yang membentuk kepala garuda. Benda kuno tersebut ditemukan saat warga akan membuat sumber baru di sebuah sendang atau kolam di desa tersebut pada Senin (9/9/2019) lalu.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS