Hasto Beri Sinyalemen Wali Kota Surabaya Risma Masuk Kabinet Jokowi

Reza Gunadha
Hasto Beri Sinyalemen Wali Kota Surabaya Risma Masuk Kabinet Jokowi
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharisini sebagai Ketua Bidang Kebudayaan PDIP. (Suara.com/Novian)

Risma yang pernah disebut-sebut oleh publik sebagai "Ahok versi perempuan", bakal turun dari jabatan sebagai Wali Kota Surabaya pada tahun 2020.

Suara.com - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sinyalemen Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bakal masuk kabinet Jokowi – Maruf Amin.

Hasto mengatakan, PDIP akan mendapatkan paling banyak kursi di kementerian periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Sementara di internal PDIP, terdapat 5 pintu para kader untuk menjadi menteri, yakni kader aktif, profesional, kepala daerah, aparatur sipil negara,serta tokoh masyarakat.

Terkait kepala daerah, khususnya di Jawa Timur, Hasto mengatakan terdapat tiga nama yang memunyai kapasitas menjadi menteri, salah satunya Tri Rismaharini alias Risma.

"Kepala daerah dari PDIP di Jatim kan bagus-bagus, ada Pak Kanang, ada Pak Anas, ada Bu Risma," kata Hasto saat menyambangi kantor DPD PDIP Jatim, Jumat (18/10/2019).

Soal Risma, Hasto menuturkan perempuan tersebut sudah menjadi salah satu Ketua DPP PDIP. Karenanya, apabila profil Risma bagus, tentu berkasnya akan dibawa Jokowi kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk dipinang.

"Itu nama-nama dalam profiling presiden. Kemudian dinilai, kalau kepala daerah itu baik, tentu saja akan didialogkan dengan Ibu Mega," jelasnya.

Untuk diketahui, Risma yang pernah disebut-sebut oleh publik sebagai "Ahok versi perempuan" karena berkarakter sama-sama keras serta tegas saat memerintah, bakal turun dari jabatan sebagai Wali Kota Surabaya pada tahun 2020.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS