Twitter Humas Pemkot Surabaya Nyinyir Khofifah Dapat Penghargaan

Pebriansyah Ariefana
Twitter Humas Pemkot Surabaya Nyinyir Khofifah Dapat Penghargaan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (4/4/2020). [Suara.com/Arry Saputra]

Akun Twitter Humas Pemkot Surabaya @BanggaSurabaya diretas.

SuaraJatim.id - Akun Twitter Humas Pemkot Surabaya @BanggaSurabaya diretas, Senin (18/5/2020). Tweet @BanggaSurabaya menyinggung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Paranwansa mendapatkan 2 penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI yang dimumkan akun twitter resmi milik Pemprov Jatim @JatimPemprov.

@BanggaSurabaya membalas cuitan @JatimPemprov tentang keberhasilan Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang berhasil memperoleh dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan sindiran.

“Hiyaaa hiyaaaa… Seharian kemarin di mention @JatimPemprov gak nanggapi malah posting ginian….. Cc @PartaiSocmed,” cuit akun @BanggaSurabaya.

Tak lama kemudian, cuitan itu pun langsung dihapus. Pihak Humas Pemkot Surabaya pun langsung memberikan klarifikasi. Menurut mereka akun @BanggaSurabaya sempat diretas dan mencuitkan sindiran itu.

Humas Pemkot Surabaya pun memberikan tangkapan layar bukti e-mail yang memberitahukan ada pihak lain yang masuk ke akun twitter resmi mereka.

“Kami menyayangkan ada pihak yang mencoba melakukan peretasan terhadap akun @banggasurabaya Kronologinya, kami mendapatkan pemberitahuan email sekitar pukul 13.14 WIB berisi tentang aktifitas log in pada akun @banggasurabaya yang tidak dikenali sebelumnya,” cuit pihak Humas Pemkot Surabaya di akun @BanggaSurabaya.

“Dua menit berselang, kami baru menyadari jika akun @banggasurabaya dilakukan percobaan peretasan. Kami langsung mengganti password akun untuk mengamankan agar tidak menjadi masalah. Namun, ternyata dalam dua menit tersebut, ternyata peretas sudah memposting satu tweet yang tidak kami harapkan terjadi. Kami pun segera hapus postingan tersebut agar tidak menimbulkan masalah. Dengan kejadian ini, menjadikan kami lebih waspada. Kami juga ajak semua pihak untuk waspada terhadap keamanan akun. Terima kasih,” tambah mereka.

Sebelumnya, Khofifah menerima dua penghargaan sekaligus dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jumat (15/5/2020). Di antaranya untuk Nuzulul Quran 1441 H secara Daring Pertama di Dunia dan Khotmil Quran Kubro secara Daring Terbanyak di Dunia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana melalui video converence dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya dan dari Jakarta.

Jaya Suprana mengaku mendapatkan kehormatan untuk memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS