Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puluhan Santri Ponpes Al Muthadi'in Lamongan Positif Covid-19

Yovanda Noni Sabtu, 19 September 2020 | 13:23 WIB

Puluhan Santri Ponpes Al Muthadi'in Lamongan Positif Covid-19
Suasana tes swab massal di Ponpes Sunan Pandanaran, Ngaglik, Sleman, Rabu (29/7/2020) - (SuaraJogja.id/Uli Febriarni)

36 santri itu diketahui terpapar Covid-19setelah menjalani testswab massal

SuaraJatim.id - Sebanyak 36 santri pondok pesantren (Ponpes) Al Muthadi'in, Kelurahan Banaran, Babat, Lamongan terkonfirmasi positif Covid-19.

Puluhan santri tersebut langsung diisolasi di asrama pesantren, sedangkan santri lain yang tidak terpapar diminta pulang ke rumah masing-masing.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan, Taufik Hidayat membenarkan informasi tersebut.

Dikatakan dia, ke 36 santri itu diketahui terpapar Covid-19 setelah menjalani test swab massal. Walau demikian, santri yang terpapar kondisinya masih sehat. Rata-rata mereka tidak memiliki gejala.  

“Karena kondisi 36 santri sangat sehat, maka tim satgas Covid-19 Lamongan hanya melakukan isolasi terhadap para santri di lingkungan pondok saja,” kata Taufik saat dihubungi, Jum’at (18/9/2020).

Saat ini, lanjut dia, Ponpes tengah mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan menghentikan pembelajaran sementara. Santri - santri yang negatif, diminta untuk pulang.

“Upaya ini bertujuan agar penyebaran Covid-19 bisa terputus,” katanya.

Saat ini, Taufik menyebut jika santri yang terpapar sudah dirawat dengan baik.

Untuk memulihkan imun, petugas akan memberikan makanan yang bergizi serta asupan vitamin. Semuanya akan diberikan secara rutin.

“Selama isolasi empat belas hari kami akan memantau perkembangan secara berkala. Ini bertujuan untuk melakukan reaksi cepat jika terjadi apa-apa,” jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait