facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Demo Tolak UU Cipta Kerja, Ratusan Buruh Keliling Kota Surabaya

Muhammad Taufiq Selasa, 06 Oktober 2020 | 14:57 WIB

Demo Tolak UU Cipta Kerja, Ratusan Buruh Keliling Kota Surabaya
Aksi buruh berkeliling Kota Surabaya menolak UU Cipta Kerja (foto: beritajatim)

"Banyak hal yang membuat buruh di Indonesia menolak atas pengesahan RUU Cipta Kerja," kata Nurdin.

SuaraJatim.id - Ratusan buruh mengendarai sepeda motor keliling Kota Surabaya, Selasa (06/10/2020). Mereka menggelar demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

Seperti diketahui Pemerintah bersama DPR RI telah bersepakat segera mengesahkan rancangan undang-undang atau Cipta Kerja. Rapat Kerja pengambilan keputusan tingkat I tersebut digelar pada, Sabtu (3/10/2020) lalu hingga tengah malam.

Melihat Badan Legislasi DPR dan pemerintah telah menyepakti Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja, perwakilan dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim pun langsung bereaksi. UU Cipta Kerja dinilai sangat merugikan bagi kalangan buruh di Indonesia.

"Banyak hal yang membuat buruh di Indonesia menolak atas pengesahan RUU Cipta Kerja. Tidak hanya di Jakarta yang akan melakukan mogok kerja, di Jawa timur sendiri akan melakukan aksi demo selama 3 hari berturut-turut," kata Nurdin perwakilan buruh, seperti dikutip dari beritjatim.com, jejaring suara.com.

Baca Juga: Ancam Mogok Nasional 3 Hari, Menaker ke Buruh: Ayo Baca Lagi RUU Ciptaker

"Untuk aksi pada tanggal 6, 7 dan 8 Oktober ini, puncaknya tanggal 8 Oktober nanti. Tetap kita minta teman-teman buruh agar pakai masker dan sebisa mungkin jaga jarak," katanya.

Hal serupa disampaikan oleh Lyan Widia Serikat Pekerja Danamon. Meski pandemi, virus terbesar yang ditakuti pekerja ada UU Cipta Kerja. Serikat buruh yang tergabung dalam Gerakan Tolak Omnibus Law (Getol) Jawa Timur akan tetap menolak pengesahan UU Cipta Kerja akan keliling Surabaya hari ini.

Hari ini, laporan polisi setidaknya ada 7 titik lokasi aksi demontrasi buruh menolak UU Cipta Kerja. Lokasi itu berada di:

1. Pukul 08.00 wib dari Omah perjuangan brebek Waru Surabaya. sasaran : kawasan Rungkut Industri / SIER Giat Roadshow / sosialisasi tentang ajakan mengikuti giat penolakan Omnimbus Law oleh FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal ndonesia) Surabaya. Penanggungjawab Sdr. PURNOMO. Jml massa ± 100 orang

2. Pukul 08.00 wib di Kantor DPRD Prov. Jatim Jl. Indrapura Surabaya Aksi unjukrasa dari APBS (Aliansi Pekerja Buruh Surabaya) dengan tuntutan tolak RUU Omnimbus Law. Penanggungjawab Sdr. DENDI PRAYITNO. Jml massa ± 750 orang.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dukung Judicial Review UU Cipta Kerja

3. Pukul 08.00 wib di Galaxi Mall Jl. Ir. Soekarno Surabaya Aksi unjukrasa dari SBK KASBI (Serikat Buruh Kerakyatan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia) dengan pihak perusahaan. Penanggungjawab Sdr. ANDI. Jml massa ± 30 orang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait