alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meningitis pada Anak, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bawa ke Dokter?

Vania Rossa | Lilis Varwati Rabu, 20 Januari 2021 | 15:58 WIB

Meningitis pada Anak, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bawa ke Dokter?
ilustrasi demam, gejala meningitis pada anak. (Freepik/@prostooleh)

Kenali gejala meningitis pada anak agar tahu kapan harus membawanya ke dokter.

SuaraJatim.id - Meningitis atau radang selaput otak bisa terjadi pada anak, bahkan bayi sekalipun. Mengenali gejalanya agak sulit, terutama pada anak usia kurang dari enam bulan. Hal itu karena gejalanya agak sulit dibedakan dengan penyakit infeksi biasa.

Dokter spesialis anak neurologi dr. Herbowo Agung Sp.A(K). mengatakan bahwa gejala meningitis pada anak usia di atas dua tahun lebih mudah dikenali.

"Nomor satu pasti demam hampir 95 persen, 80 persen disertai muntah, 70 persen kaku kuduk atau leher kaku, jadi nengok aja sakit. Kemudian disertai kejang, penurunan kesadaran," jelas dokter Herbowo saat siaran langsung Instagram bersama @kenapaharusvaksin, Selasa (19/1/2021).

Demam yang menjadi gejala meningitis juga kebanyakan tidak terlalu tinggi, kata dokter Herbowo. Rata-rata suhu tubuh hanya sekitar 37,5-38,5 derajat celsius. Meski begitu, bukan tidak mungkin juga terjadi demam tinggi hingga di atas 40 derajat celsius.

Baca Juga: Benarkah Meningitis Bisa Sebabkan Komplikasi? Ini Kata Dokter

Sedangkan pada bayi usia kurang dari enam bulan, gejala demam belum tentu terjadi. Dokter Herbowo mengatakan, paling umum gejala hanya rewel, kejang, juga ubun-ubun menonjol.

"Kalau anak di bawah umur 6 bulan ada (ubun-ubun) menonjol itu hati-hati. Sangat besar kemungkinan meningitis," kata Herbowo.

Untuk antisipasi, dokter Herbowo menyarankan, jika anak hanya mengalami demam tanpa ada gejala lain yang mengarah pada meningitis, maka bisa tunggu 3-4 hari sebelum dibawa ke dokter. Sebab menurutnya, gejala meningitis akan sangat spesifik sejak hari pertama.

"Biasnaya anak sudah mulai banyak tidur. Kontaknya kurang baik, kalau diajak bicara mulai ngaco, ngomong sudah mulai gak nyambung, ini yang anak besar. Jadi kalau sudah mulai demam, kesadaran sudah mulai terganggu, apalagi kalau sudah kejang, bawa (ke dokter)," paparnya.

"Anak-anak kecil juga, kalau sudah demam, ubun-ubun menonjol, lebih baik langsung bawa. Tapi kalau masih demam, rewel, coba dulu disusui 3 sampai 4 hari sambil dipantau terus," imbuhnya.

Baca Juga: Orangtua Wajib Waspadai Gejala Meningitis Pada Anak, Ini Bahayanya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait