alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Rasulullah Saat Turun Hujan Deras Disertai Angin, Kilat dan Petir

Muhammad Taufiq Senin, 08 Februari 2021 | 10:01 WIB

Doa Rasulullah Saat Turun Hujan Deras Disertai Angin, Kilat dan Petir
Ilustrasi Hujan. (Pixabay)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Janurai hingga Februari 2021.

SuaraJatim.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Janurai hingga Februari 2021. Sepertinya benar, hujan dengan intensitas sedang dan deras terjadi di dua musim tersebut.

Bahkan di sejumlah daerah, beberapa kali hujan deras disertai angin kencang, kilat dan petir terjadi. Nah, umat Islam tidak hanya diajarkan bagaimana 'sedia payung sebelum hujan' saja. Tapi juga bagaimana menyikapinya dengan berdoa.

Berikut ini amalan doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ketika menghadapi hujan, baik hujan sedang maupun hujan lebat. Termasuk saat hujan mereda:

1. Doa ketika Turun Hujan

Baca Juga: BMKG Peringatkan Hujan Disertai Angin, Kilat dan Petir Hari Ini di Jatim

Doa ini banyak diajarkan di madrasah-madrasah. Doa ini haditsnya sahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari Nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan

Arab : - -

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucap 'Allahumma shoyyiban nafi'an' (Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat)."

2. Hujan Lebat

Selain itu, ketika hujan menjadi lebih lebat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam juga berdoa pada Allah SWT. Dalam doanya meminta agar cuaca dikembalikan menjadi cerah.

Baca Juga: BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Seluruh Indonesia Hari Ini

Berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari nomor 1014, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait