alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kongres HMI Ricuh di Surabaya, 1.300 Peserta Asal Makassar Diamankan

Muhammad Taufiq Rabu, 24 Maret 2021 | 09:10 WIB

Kongres HMI Ricuh di Surabaya, 1.300 Peserta Asal Makassar Diamankan
Kericuhan kongres HMI di Surabaya, anggota saling lempar kursi [Suara.com/Dimas Angga]

Polisi harus bekerja ekstra mengamankan Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) di Kota Surabaya.

SuaraJatim.id - Polisi harus bekerja ekstra mengamankan Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) di Kota Surabaya. Agenda Musyawarah Nasional (Munas) HMI ini molor akibat kericuhan antar anggota.

Hingga subuh tadi, Rabu (24/03/2021), polisi mengamankan enam orang yang diduga provokator keributan. Selain itu, polisi juga mengamankan 1.300 peserta kongres asal Makassar.

Kericuhan sendiri terjadi antar anggota kongres. Pantauan SuaraJatim, peserta kongres merangsek masuk ke ruang sidang dan terlibat aksi saling lempar kursi.

"Sampai hari ini (Rabu 24 Maret) pukul empat subuh telah mengamankan keamanan Kongres HMI di Islamic Center Surabaya. Ada dua hal kita amankan peserta Kongres sendiri dan 1.300 orang dari Makasar," ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Duhh! Kongres HMI Molor Sampai Subuh, Kursi Beterbangan Anggota Ricuh

Kepolisian juga melakukan penyekatan-penyekatan di area Islamic Center Surabaya. Sebanyak empat ruas jalan dilakukan penyekatan.

"Di dalam pola pengamanan ada penyekatan-penyekatan dari 1.300. Kami bagi dengan bantuan dari gubernur, pangdam, pangkotama AL, serta danlanud AU, sehingga adik-adik dibagi-bagi, di mes-mes pemprov dan TNI. Alhamdulillah rombongan 1.300 bisa dijaga di Kota Surabaya," katanya.

Hingga saat ini, kongres yang dilaksanakan tersebut masih menyelesaikan rapat pleno kedua.

"Yang kedua, juga bisa mengamankan kongres sendiri, dimana sampai jam empat ini masih berlangsung pleno dua menuju pleno tiga. Kami mengamankan kongres ini atas permintaan dari panitia sendiri, dan yang kedua dari pemprov karena ini aset," ujarnya.

Selain itu, sebanyak 6 peserta kongres diamankan polisi karena ada dugaan melakukan provokasi dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Piala Menpora 2021: Diwarnai Tiga Gol Penalti, Persebaya Kalahkan Persik

"Ada mis komunikasi diantara mereka, terus ada yang membanting kursi, ini atas permintaan panitia, kami amankan 6 orang dan sekarang masih dalam pemeriksaan,"

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait