alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 Jam Terombang-ambing di Lautan, 16 ABK Kapal Terbakar Dievakuasi

Muhammad Taufiq Jum'at, 16 April 2021 | 20:34 WIB

2 Jam Terombang-ambing di Lautan, 16 ABK Kapal Terbakar Dievakuasi
Evakuasi 16 ABK Kapal Motor Bintang Jaya Mandiri ke Tuban, Jawa Timur [Foto: Suaraindonesia]

Sebanyak 16 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Bintang Jaya Mandiri yang sebelumnya terbakar di Laut Jawa Utara, berhasil dievakuasi.

SuaraJatim.id - Sebanyak 16 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Bintang Jaya Mandiri yang sebelumnya terbakar di Laut Jawa Utara, berhasil dievakuasi.

Mereka dievakuasi awak Kapal Queen Majesty, dan mendarat dengan keadaan selamat di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), di Tuban, Jawa Timur, Jumat (16/04/2021).

Rasvandi, salah satu ABK selamat mengatakan kapalnya terbakar pukul 12.20 WIB. Api berasal dari bagian mesin yang mengeluarkan asap lebih dulu sebelum akhirnya meledak.

"Saat itu semua kru kapal tidur, saya bersama tiga teman saya yang melihat bagian mesin mengeluarkan asap berusaha bangunin yang lain. Tapi sudah terjadi ledakan di dalam mesin kapal, sehingga semuanya panik," kata Rasvadi, dikutip dari suaraindonesia.co.id, jejaring media suara.com.

Baca Juga: ABK Kapal Perikanan Ini Sedih Kena PHK, Alasan Perusahaan : Sudah Tua

Panik mesin kapal meledak, para ABK lalu berhamburan menyelamatkan diri dengan alat seadanya. Mereka kemudian menaiki busa besar meninggalkan kapal kemudian terombang-ambing selama dua jam di laut.

"Alhamdulillah ada kapal MT Queen Majesty yang saat itu melintas dan kami ditolong. Karena tidak ada kapal lagi selain itu," katanya.

Kapten Kapal MT Queen Majesty, Muhammad Amin Rohman mengatakan, Kapal MT Queen Majesty sebelumnya berangkat dari perairan Malaysia menuju Tuban.

Saat itu officer yang berjaga menginformasikan jarak 7 mil di depan kapal ada kepulan asap yang diduga kapal milik nelayan.

"Dari informasi itu, saya mengambil instruksi untuk melakukan stanbay engine dan menyiapkan tim rescue sambil mengarah ke tempat kejadian. Kita tiba di lokasi kejadian sekitar 30 menit, terlihat dua grup anggota kapal yang terbakar itu mengapung," ungkap Kapten Muhammad Amin Rohman.

Baca Juga: Kapal Motor Terbakar di Laut Jawa, 16 Nelayan Terombang-ambing

Ia menambahkan, evakuasi memakan waktu cukup lama sebab kapal MT Queen Majesty bermuatan bahan bakar premium sehingga harus mencari posisi aman sambil menurunkan tim rescue.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait