alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Imsyakiyah Surabaya, 5 Ramadan, 17 April 2021

Muhammad Taufiq Jum'at, 16 April 2021 | 21:10 WIB

Jadwal Imsyakiyah Surabaya, 5 Ramadan, 17 April 2021
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Ramadan memasuki hari ke lima. Segenap umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa.

SuaraJatim.id - Ramadhan memasuki hari ke lima. Segenap umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Puasa sendiri merupakan rukun Islam ke empat setelah Sahadat, Salat, Zakat, Puasa lalu Haji.

Hukum Puasa Mengerjakan puasa wajib hukumnya bagi umat Islam yang mukallaf selama sebulan penuh. Muslim laki-laki dan perempuan menahan lapar, tidak makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Sebelum puasa, ada satu ibadah penting yang sunnah hukumnya dilakukan oleh umat Islam, yakni makan sahur. Bicara sahur, ada satu penanda waktu penting yakni Imsyak. Berikut ini jadwal Imsyakiyah untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, 5 Ramadan, 17 April 2021.

IMSAK 04:05 WIB
Subuh 04:15 WIB
Dhuha 05:55 WIB
Dzuhur 11:32 WIB
Ashar 14:51 WIB
Maghrib 17:30 WIB
Isya 18:40 WIB

Baca Juga: Raja Dangdut Rhoma Irama Keok, Gugatan Rp 1 Miliar Ditolak PN Surabaya

Imsak merupakan penanda waktu berhentinya menyantap makanan sahur pada waktu menjalani puasa Ramadhan. Selain itu, imsak juga diartikan sebagai waktu dimulainya menahan segala hal yang membatalkan puasa.

Namun demikian, pada saat imsak masih dibolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Bagi sebagian orang menganggap bila waktu imsak telah tiba selama Bulan Ramadan menandakan bahwa waktu berpuasa sudah dimulai sehingga tidak diperkenankan untuk makan dan minum.

Tak jarang, saat masjid terdekat di rumah telah mengumumkan waktu imsak maka seseorang pun segera mengakhiri sahurnya.

Meski demikian, hal tersebut ternyata tidaklah benar. Imsak bukanlah sebagai tanda bahwa puasa telah dimulai sehingga kegiatan sahur harus segera diakhiri.

Baca Juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Berikut Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait