alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tabung Oksigen Palsu Diduga Diisi Udara Kompresor Tambal Ban Beredar di Tulungagung

Muhammad Taufiq Selasa, 20 Juli 2021 | 21:06 WIB

Tabung Oksigen Palsu Diduga Diisi Udara Kompresor Tambal Ban Beredar di Tulungagung
Tabung oksigen palsu beredar di Tulungagung [Foto: Antara]

Tabung oksigen palsu buat hewan beredar di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Tabung oksigen palsu buat hewan beredar di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Diduga, tabung oksigen itu berisi udara biasa dari kompresor tambal ban.

Dugaan ini disampaikan anggota kelompok peternak ikan koi bernama Alipin (35). Ia dan para peternak ikan hias menjadi khawatir sebab tabung oksigen tersebut justru membuat ikan-ikan mati saat dipakai.

"Kami menyadari oksigen yang kami dapat (beli) palsu setelah ikan dalam kantong plastik yang telah diisi udara dari tabung oksigen itu mati, hanya selang beberapa menit setelah pengisian," kata Alipin (35) , Selasa (20/07/2021).

Ada dua kantong plastik berisi ikan koi yang sempat diisi oksigen palsu, saat kejadian. Beberapa ikan koi yang ada di satu kantong plastik mati dalam tempo kurang dari 15 menit, setelah sempat terlihat megap-megap kehabisan udara segar oksigen.

Baca Juga: Orang-orang Ini Berjuang Keras Isi Tabung Oksigen untuk Teman dan Istri

Sementara satu kantong lagi masih bisa diselamatkan, setelah Alipin dan kawan-kawan menyadari ada yang tidak beres pada dua kantong plastik berisi ikan koi yang mereka kemas.

"Kami kemudian menguji tabung hitam yang kami curigai berisi oksigen palsu dengan oksgen asli," katanya menegaskan.

Caranya, tutur Alipin, udara dari dua tabung oksigen itu dimasukkan dalam kantong plastik. Kantong yang berisi oksigen asli langsung terbakar saat disulut api. Sedangkan yang berisi oksigen palsu sama sekali tak terbakar.

"Kalau dibakar kelihatan jelas sekali," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Perbedaan lainnya adalah suhu tabung. Oksigen palsu dalam tabung hitam itu terasa lebih hangat, dibanding oksigen asli. Saat dihirup, oksigen asli terasa lebih segar. Sedang oksigen palsu seperti udara biasa.

Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, PMM 56 UMM Bagikan Masker dan Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Dirinya menduga, tabung hitam berisi oksigen palsu itu diisi dengan udara biasa dari mesin kompresor tambal ban. Alipin mengaku mendapat oksigen itu dari temannya pada Senin (19/7), itu pun dengan harga yang cukup tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait