facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

TNI Fasilitasi Penyuntikan Vaksin ke Ribuan Warga di Trenggalek

Erick Tanjung Rabu, 01 September 2021 | 02:35 WIB

TNI Fasilitasi Penyuntikan Vaksin ke Ribuan Warga di Trenggalek
Vaksinasi Covid-19 terhadap warga di Stadion Menak Sopal, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (31/8/2021). (Antara/Destyan Sujarwoko)

Vaksinasi massal dengan target 30 ribu warga itu digelar serentak.

SuaraJatim.id - TNI AL melalui Komando Armada II memfasilitasi penyuntikan 30.000 dosis vaksin Covid-19 untuk warga usia 12 tahun ke atas dari 14 kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin (30/8) hingga Selasa (31/8/2021).

Kegiatan yang dikemas dengan tajuk Serbuan Vaksinasi Covid-19 itu dipantau langsung oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto beserta jajaran perwira TNI AL.

Vaksinasi massal dengan target 30 ribu warga itu digelar serentak. Selain di Stadion Menak Sopal sebagai pusat gerakan "serbuan vaksinasi TNI", vaksinasi juga digelar di tiga pondok pesantren dan 20 puskesmas yang tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Trenggalek.

"Serbuan vaksinasi ini perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang sampai Merauke," kata Laksda TNI Iwan Isnurwanto usai meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan jajaran di Trenggalek, Selasa.

Baca Juga: Timbul Prihanjoko Gantikan Puput Tantriana Sari sebagai Plt Bupati Probolinggo

Ia berharap dukungan TNI melalui serbuan vaksinasi Covid-19 bisa membantu mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di Trenggalek.

"Serbuan vaksinasi yang mensinergikan TNI AL Koarmada II, Pemkab Trenggalek, TNI/Polri dan BPBD Trenggalek ini menjadi terasa istimewa karena digelar bertepatan dengan puncak peringatan Hari Jadi ke-827 Kabupaten Trenggalek," ujarnya.

Dijelaskan, dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19, TNI Al telah melaksanakan dan berupaya konsisten dalam melaksanakan program prioritas penanggulangan Covid-19. Serbuan vaksinasi dilaksanakan kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun dengan memanfaatkan fasilitas gedung yang ada.

Selain itu TNI AL juga proaktif dalam memberikan dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan oksigen serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen maupun donor darah reguler. TNI AL, khususnya di wilayah Koarmada II telah menjalankan serbuan vaksinasi bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk memberikan vaksinasi gratis tahap 1 maupun tahap 2.

"Setelah ini kami masih akan melakukan serbuan vaksinasi untuk masyarakat yang ada di pulau-pulau terpencil, seperti di (Pulau) Bawean, Sapeken, maupun daerah-daerah pesisir lainnya," ujar Iwan.

Baca Juga: Enam Daerah di Jatim Sudah Masuk PPKM Level 2, Cek di Sini Daftarnya

Pelaksanaan vaksinasi massal TNI AL di Trenggalek sendiri mendapat sambutan antusias masyarakat. Dari pagi hingga sore warga datang ke Stadion Menak Sopal dan tertib mengantre untuk mendapat jatah vaksinasi di dalam stadion.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait